Thursday, February 22, 2024
spot_img
HomeASEANPartai CNRT Xanana Gusmao Raih Suara Terbanyak dalam Pemilu Timor-Leste

Partai CNRT Xanana Gusmao Raih Suara Terbanyak dalam Pemilu Timor-Leste

INAKINI.COM – Pada 21 Mei 2023, para pemilih Timor-Leste memilih 65 perwakilan di Parlemen Nasional. Kerangka hukum untuk pemilihan parlemen 2023 pada dasarnya sama dengan pemilihan parlemen awal pada 12 Mei 2018. Para anggota Parlemen Nasional dipilih menggunakan sistem pemilihan perwakilan proporsional daftar tertutup.

Partai National Congress for Timorese Reconstruction (CNRT) Xanana Gusmao memimpin dengan dua pertiga suara dihitung dalam pemilihan parlemen, demikian dilansir media pemerintah pada Senin, 22 Mei 2023, mengumumkan kemungkinan kembali berkuasanya mantan pemberontak setelah hampir satu dekade menjadi oposisi.

Pemilihan parlemen 2023 Timor-Leste yang berlangsung pada Minggu (21/5), akan membuka jalan bagi partai pemenang atau koalisi partai untuk menunjuk kepala pemerintahan, adalah pertarungan memperebutkan jabatan perdana menteri antara Xanana Gusmao dan Mari Alkatiri, tokoh era perlawanan lainnya dari partai berkuasa.

Dengan hampir 70% suara dihitung, partai oposisi Gusmao, National Congress for Timorese Reconstruction (CNRT), memperoleh sekitar 46.09% suara, menurut data komisi pemilihan seperti disiarkan oleh media pemerintah Radio-Televisão Timor Leste.

Partai berkuasa, Revolutionary Front for an Independent Timor-Leste (FRETILIN), yang memimpin koalisi empat partai yang mendukung perdana menteri inkumben Taur Matan Ruak mendapat sekitar 28.68% suara.

Lima belas partai lain bersaing dalam pemilu, meskipun tak ada yang memperoleh lebih dari 10% suara hingga Senin (22/5).

Pemilihan parlemen ini merupakan yang kelima Timor-Leste sejak memperoleh kemerdekaan penuh pada 2002 dari Indonesia.

Sangat bergantung pada cadangan minyaknya yang cepat menipis untuk pendapatan, negara setengah pulau berpenduduk 1,3 juta orang itu telah bergulat dengan diversifikasi ekonominya dan mengurangi tingkat kemiskinan yang tinggi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments