Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeNewsWapres Buka 18th Asia Media Summit, Media Harus Adaptif Sikapi Era Digital

Wapres Buka 18th Asia Media Summit, Media Harus Adaptif Sikapi Era Digital

INAKINI.COM – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan bahwa media harus mampu dengan cepat menyikapi perubahan akibat ekspansi digital. Langkah itu dapat mempertahankan keberadaan media sekaligus menjalankan fungsinya sebagai penyampai informasi bagi publik.

“Pentingnya kemampuan media untuk beradaptasi di tengah persaingan super ketat dan serbuan konten yang dapat memicu kejemuan, menentukan keberlangsungan media tersebut,” ujar Wapres saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Media se-Asia Pasifik 2023 atau 18th Asia Media Summit 2023 digelar 22 – 25 Mei 2023 di Bali pada Selasa (23/5).

Media merupakan mata dan telinga bagi masyarakat yang berfungsi vital sebagai sumber informasi, gagasan, pendidikan, hiburan, kebijakan, dan persoalan publik yang layak mendapatkan perhatian para pengambil kebijakan.

Di tengah gencarnya upaya global untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan, peran media sangat strategis dalam meningkatkan literasi di level individu, masyarakat maupun institusi negara agar terbangun kesadaran kolektif.

“Media juga memainkan peran koreksi atas arsitektur kebijakan negara agar terus berada di jalur yang tepat, adil dan memihak kepada masyarakat,” ujar Wapres.

Menurut Wapres usai hantaman berbagai krisis yang yang melanda dunia, media harus mampu mengoptimalkan peranannya sebagai penyalur sekaligus penyaji gagasan yang segar, yang dapat menjadi solusi sekaligus membangun paradigma kolaborasi yang saling menguntungkan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments