Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeNewsWapres Buka 18th Asia Media Summit, Media Harus Adaptif Sikapi Era Digital

Wapres Buka 18th Asia Media Summit, Media Harus Adaptif Sikapi Era Digital

Kehadiran media, lanjut Wapres, memberikan andil sebagai jembatan perdamaian, dalam membangun nilai, sistem dan aksi-aksi damai yang berkelanjutan, baik di level nasional, regional, hingga global. “Lingkungan yang damai adalah kunci bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan,” lanjutnya.

Secara khusus terkait gelaran AMS 2023, Wapres, berharap akan menghasilkan langkah konkret bersama untuk bergerak melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berubah cepat.

“Industri media tidak terbebas dari dampak revolusi digital. Kecanggihan teknologi digital tidak sekadar memunculkan gawai model baru, tetapi bahkan mampu mengubah pola pikir dan mempengaruhi perilaku konsumen,” lanjut Wapres sembari menambahkan jika media sosial mengubah pola konsumsi berita.

Survei di berbagai negara pada 2020 menunjukkan lebih dari 50 persen penduduk usia dewasa menjadikan media sosial sebagai sumber berita.

Di dunia digital konsumen meninggalkan jejak-jejak data mengenai preferensi konten, perilaku dan pola pikir konsumen.

Data tersebut dapat dianalisa untuk menghasilkan keputusan yang menguntungkan bagi media sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen.

“Media yang mampu menavigasi perubahan akibat ekspansi digital akan dapat mempertahankan bahkan menambah jumlah konsumennya,” jelas Wapres.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments