Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeHealthMenkes Beri Info Syarat Endemi Covid-19, Kapan Boleh Lepas Masker?

Menkes Beri Info Syarat Endemi Covid-19, Kapan Boleh Lepas Masker?

INAKINI.COM – Syarat endemi Covid-19 menjadi salah satu poin penting untuk bisa masuk ke fase perubahan sebuah pandemi.

Namun pihak Menkes (Menteri Kesehatan), Budi Gunadi Sadikin telah memberi syarat endemi Covid-19 yang harus melalui tahapan selama tiga bulan.

Memang tidak mudah menentukan syarat endemi Covid-19 dari situasi pandemi saat ini, sehingga dibutuhkan beberapa langkah tepat.

Mengenai transisi pandemi ke endemi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan dari keputusan melakukan transisi tersebut tidak bisa diputuskan dari satu negara saja.

Butuh koordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendapat kepastian Indonesia bisa masuk ke endemi.

“Ini pandemi global, Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi,” kata Menkes dilansir dari halaman resmi Satgas Covid-19 Rabu 1 Juni 2022.

Baca Juga : Menkes: Vaksinasi Booster Sangat Lindungi Masyarakat, Tingkatkan Antibodi Berkali Lipat

Menkes juga menambahkan bahwa terdapat pertimbangan untuk bisa memutuskan dari kondisi pandemi ke endemi.

Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, bahkan Menkes sendiri menyatakan pemerintah sekarang secara bertahap akan memindahkan tanggung jawab menjaga kesehatan ke masing-masing individu.

Terdapat tiga faktor transmisi komunitas harus terpenuhi agar dalam memutuskan transmisi pandemi ke endemi bisa dilakukan selama tiga bulan.

“Ada aturan WHO transmisi komunitas yang tiga faktor. Berapa kasus per 100 ribu, berapa masuk rumah sakit per 100 ribu, berapa yang meninggal per 100 ribu, itu level 1 selama tiga bulan berturut-turut,” ujar Menkes.

Keputusan transisi dari pandemi ke endemi juga bisa dilakukan ketika capaian vaksinasi dosis kedua telah mencapai 70 persen dan angka laju penularannya ada di angka 1 ke bawah.

Baca Juga : Menkes: Transisi Pandemi Ke Endemi Perlu Koordinasi WHO

“Jadi kalau bisa sudah level 1, tiga bulan berturut-turut, reproduction rate di angka 1 ke bawah, tiga bulan berturut-turut, dan capaian vaksinasi dosis dua di atas 70 persen, minimal 70 persen dosis kedua menjadi pertimbangan kami di sektor kesehatan merasa cukup yakin bahwa sudah bisa dibuat keputusan transisi dari pandemi ke endemi.” kata Menkes.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments