Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeSportSEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditutup, Tongkat Estafet 2023 Ke Kamboja

SEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditutup, Tongkat Estafet 2023 Ke Kamboja

INAKINI.COM – SEA Games ke-31 2021 Vietnam resmi ditutup melalui closing ceremony yang digelar Vietnam Asian Indoor Game, Hanoi, Vietnam pada Senin (23/5) malam.

Puluhan penari mengenakan pakaian tradisional Ao Dai membuka upacara penutupan SEA Games Vietnam. Penari dan penyanyi kemudian memperlihatkan kebolehan mereka dan menghibur penonton.

“Pembukaan upacara penutupan menggambarkan Hanoi yang merupakan kota perdamaian, sesuai dengan tema tarian My Hanoi Your Love,” ujar pembawa acara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan parade bendera 11 negara yang berpartisipasi dimulai dari Brunei Darussalam dan ditutup dengan Vietnam.

Selain itu, 40 orang berkostum maskot SEA Games 2021 juga tampil dengan masing-masing membawa papan bertuliskan nama cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Dalam upacara penutupan juga dilakukan penyerahan bendera SEA Games Federation dari Vietnam ke Kamboja yang berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara SEA Games ke-32 2023.

Prosesi itu didahului dengan penurunan bendera SEA Games Federation, lalu perwakilan atlet Vietnam membawa bendera bergambar 11 cincin itu kepada Ketua Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Van Hung.

Selanjutnya, Nguyen Van Hung menyerahkan bendera SEA Games Federation kepada Ketua Komite Olimpiade Kamboja Khon Tong. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Kamboja “Nokor Reach”.

“SEA Games merupakan jembatan pertemanan untuk mengatasi tantangan bersama, di mana tuan rumah dapat mempromosikan negaranya yang akan digelar di negara indah dan kaya budaya Kamboja,” kata pembawa acara.

Penutupan SEA Games 2021 berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Pihak panitia memberikan salam perpisahan dengan tema acara “Coming together to shine”.

“Para atlet telah melalui banyak kompetisi dan menunjukkan bakat mereka, sehingga upacara penutupan akan menjadi momen bagi semua orang untuk menghormati dan memuji mereka, dan meningkatkan sportivitas,” kata Tran Ly Ly, Direktur upacara pembukaan sekaligus penutupan SEA Games 2021, dilansir laman resmi kompetisi.

Sementara tuan rumah Vietnam menjadi juara umum dengan total perolehan medali 446 keping. Rinciannya adalah 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu.

Kemudian disusul Thailand yang berada di urutan kedua dengan 331 medali (92 emas, 103 perak, 136 perunggu) dan Indonesia di posisi ketiga dengan raihan 241 medali yaitu 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments