Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeHealth6 Tips Mudah dan Aman Simpan Sampai Olah Daging Cegah Penularan PMK

6 Tips Mudah dan Aman Simpan Sampai Olah Daging Cegah Penularan PMK

INAKINI.COM – Meskipun dari penyakit Mulut dan Kuku atau disebut sebagai PMK tidak menular ke manusia, tentu saja dari pengolahan daging sapi juga perlu diperhitungkan.

Tidak hanya dari aspek daging saja, tetapi dari bagian jeroan juga menjadi satu poin penting untuk dicermati sebelum Anda mengolahnya.

PMK sendiri menjadi satu penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus dan bisa menyerang hewan berkuku belah baik dari babi, domba, sapi, kambing, dan kerbau.

Maka dari itu Kementerian Pertanian RI sudah mengungkapkan dari PMK ini tidak berbahaya bagi manusia. Sehingga dari daging dan susu sapi masih tetap aman dikonsumsi selama dimasak dengan benar.

Baca Juga : Terik Panas di Indonesia Diprediksi Sampai November Angkanya Bisa Lebih 36 Derajat Celcius

Meskipun dari penyakit PMK pada hewan ini tidak memberi dampak pada manusia, tetap saja ada beberapa tips untuk bisa mengurangi rasa khawatir akan penularan PMK dari daging dan juga jeroan saat membeli di pasar tradisional.

Jika Anda memiliki rencana dalam penangangan daging dan jeroan agar terhindar dari PMK cermati dari semua trik berikut ini.

Baca Juga : Pelat Nomor Putih Belum Resmi Dipakai Tetapi Sudah Dijual di Online Shop

  1. Perhatikan dari mencuci daging jika tidak langsung diolah sehingga ada baiknya cuci daging dan cepat diolah.
  2. Proses merebus harus benar-benar matang sebelum bisa diolah. Proses perebusan bisa berjalan kurang lebih 30 menit di air mendidih.
  3. Pembekukan juga perlu diperhitungkan ketika daging tidak langsung di masak simpanlah dalam kemasan khusus selama 24 jam simpan di freezer.
  4. Pemilihan jeroan yang harus sudah direbus menjadi satu hal wajib sebelum dikonsumsi.
  5. Pemilihan jeroan mentah rebus dahulu selama 30 menit di air mendidih sebelum akhirnya diolah ataupun bsia disimpan di kulkas.
  6. Jangan buang sembarangan dimana hasil olahan dan kemasan daging sebelum dibuang bisa direndam di deterjen ataupun cuka dapur untuk mengurangi resiko penularan virus.

Indeks Berita :

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments