Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeNewsTerik Panas di Indonesia Diprediksi Sampai November Angkanya Bisa Lebih 36 Derajat...

Terik Panas di Indonesia Diprediksi Sampai November Angkanya Bisa Lebih 36 Derajat Celcius

INAKINI.COM – Akhir-akhir ini Indonesia terutama di daerah Jabodetabek merasakan suhu panas dengan derajat sampai 36.1 celcius.

Kondisi panas tersebut diprediksi akan berlangsung sampai akhir November 2022. Dilansir dari pernyataan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 13/5/2022 menjelaskan bahwa dari suhu panas tersebut terjadi karena peralihan musim hujan ke kemarau hingga disebut sebagai musim pancaroba.

Suhu paling tinggi sudah tercatat mencapai 36.1 derajat celcius yang mana masih bisa diprediksi sampai lebih tinggi dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga : Hanya Karena 1 Warga Korut Tewas Covid 19, Kim Jong Un Isolasi Ketat 187 Ribu Warga

Meskipun suhunya mencapai 36, ternyata BMKG memprediksi suhu tertinggi tidak sampai angka 40 derajat celcius seperti pada banyak info yang beredar saat ini.

Bukan hanya di Jabodetabek saja, tetapi musim pancaroba ini juga terjadi di beberapa derah seperti Jawa, Nusa Tenggara, Bali dan beberapa daerah selatan ekuator dengan periode April sampai Mei.

Secara umum periode pancaroba ini juga terjadi dan menjelang musim kemarau cuaca di pagi hari didominasi oleh cerah berawan kemudian tingkat awan terlihat rendah sehingga membuat suhu cukup panas dan terik di siang hari hingga adanya potensi hujan disertai dengan kilat ataupun petir.

Baca Juga : Rupiah Anjlok Sentuh Rp 14.609 Imbas Kebijakan Suku Bunga Acuan AS

Dilansir dari pernyataan Koordinator Bidang Cuaca dan Peringatan Dini BMKG, Miming Safeudin juga menjelaskan dari kondisi tersebut bisa terjadi karena minimnya tutupan awan di daerah Jabodetabek terutama di pagi hari sehingga dari pemanasan radiasi matahari maksimal sampai ke permukaan. Sedangkan di siang sampai sore hari secara umum masih terbentuk awan-awan dan juga bisa terjadi hujan lebat.

Indeks Berita :

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments