Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeSportPresiden Jokowi Target Indonesia 3 Besar Di SEA Games 2021 Vietnam

Presiden Jokowi Target Indonesia 3 Besar Di SEA Games 2021 Vietnam

INAKINI.COM – Pesta olahraga multievent terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2021 resmi digelar mulai 12–23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam. Ajang SEA Games 2021 sempat tertunda selama kurang lebih enam bulan akibat pandemi Covid-19 di kawasan Asia Tenggara.

SEA Games Vietnam edisi ke-31 semula dijawalkan berlangsung pada 21 November – 2 Desember 2021. Namun, merebaknya kasus varian Omicron membuat tuan rumah memutuskan untuk menunda pelaksanaan pesta olahraga tersebut.

Terdapat total 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2021. Sebanyak 11 negara akan berpartisipasi, mulai dari Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, hingga Timor Leste.

Kontingen Indonesia telah dipastikan siap tempur dalam SEA Games edisi ini. Atlet yang berpartisipasi juga telah dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora) Zainudin Amali pada Minggu (8/5).

Kontingen Indonesia mengirim 499 atlet dengan rincian 313 atlet putra dan 186 putri untuk berpartisipasi di pesta olahraga se-Asia Tenggara. Dan akan berlaga di 32 dari 41 cabor yang dipertandingkan.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kontingen Indonesia masuk 3 besar di SEA Games 2021 Vietnam. Hal itu diungkap Presiden Jokowi saat melepas secara resmi Kontingen Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5).

“Saya ingat di SEA Games sebelumnya di Singapura 2015 kita berada di peringkat 5. Kemudian di Malaysia kita juga masih berada di peringkat 5 dan di 2019 lalu di Filipina, kita masuk ke peringkat 4,” ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat pada Senin (9/5).

“Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke 31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking ketiga yang kedua atau yang ke satu,” imbuhnya.

Meski bukan hal yang mudah, Jokowi optimis bahwa para atlit dapat memberikan yang terbaik pada SEA Games ke-31 di Vietnam itu.

“Memang bukan hal yang mudah tetapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas,” jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi berharap para atlit yang bertanding pada SEA Games ke-31 di Vietnam itu dapat meraih prestasi setinggi-tingginya serta meraih medali sebanyak mungkin. Hal tersebut dilakukan untuk satu tujuan mengharumkan nama Indonesia di kancah SEA Games.

“Kita semuanya masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita bangsa kita Indonesia,” ungkapnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments