Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeNewsKenaikan Harga Pertamax Berimbas Usulan Pengguna Pertalite yang Akan Dibatasi

Kenaikan Harga Pertamax Berimbas Usulan Pengguna Pertalite yang Akan Dibatasi

INAKINI.COM – Keputusan dari Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) dalam menaikkan harga Pertamax baru-baru ini memicu perubahan gaya konsumsi masyarakat dari Pertamax ke Pertalite. Saat ini Pertalite sendiri sudah dijadikan bahan bakar minyak subsidi sehingga diprediksi pengguna Pertalite justru semakin bertambah.

Ada pergeseran dari konsumsi BBM Pertamax nonsubsidi ke Pertalite dengan subsidi yang mana melarang kendaraan BUMN dan pemerintah mengisi BBM Subsidi.

Tidak hanya itu Pemerintah sendiri bersama Pertamina juga bisa melakukan seleksi kendaraan pribadi yang dapat mengisi bahan bakar Pertalite.

Baca Juga : Putri KW Raih Gelar Juara Orleans Master 2022 Menjadi Gelar ke 3 di Kancah Eropa

Dilansir dari pernyataan Kepala Ekonom Bank Pertama Josua Pardede, di Jakarta Senin (4/4/2022) menjelaskan bahwa kendaraan mewah dengan kapasitas mesin dan merek tertentu dilaran mengisi BBM bersubsidi. Kemudian ada pengawasan terhadap tindak kecurangan yang harus diperketat.

Selisih harga antara BBM Pertamax dan Pertalite tersebut memberi potensi untuk menggeser konsumsi Pertamax ke Pertalite untuk mengurangi kerugian.

Josua juga menambahkan bahwa dari kebijakan pemerintah tidak menaikkan harga Pertalite dirasa cukup baik karena dapat melindungi daya beli masyarakat.

Adanya penetapan harga Pertalite tersebut membuat masyarakat masih bisa mendapat opsi BBM murah di tengah tekanan ekonomi karena Covid 19.

Pihak Pertamina sendiri mulai Jumat (1/4/2022) telah resmi menjual Pertamax dengan harga Rp 12.500 per liter dari sebelumnya dibanderol Rp 9.000.

Kenaikan tersebut menjadi yang pertama kali dalam durasi 3 tahun terakhir. Sedangkan dari harga Pertalite sendiri masih sama yakni Rp 7.650 per liter akan tetapi Pemerintah juga merubah status Pertalite menajdi BBM Penugasan. Konsumsi dari Pertalite tersebut secara nasional telah mencapai angka 76 persen sedangkan Pertamax sendiri masih di angka 14 persen.

Ada prediksi harga Pertalite ke depannya juga akan naik, namun pihak Pemerintah masih mengkaji kembali karena dampaknya pasti cukup besar jika benar-benar akan naik salah satunya bisa meningkatkan inflasi.

Lihat Juga : BTS Bisa Tampil Formasi Lengkap Grammy Awards 2022 Lantaran Jungkook Sembuh Covid 19

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments