Saturday, October 5, 2024
spot_img
HomeNewsJokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 di Monas

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 di Monas

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan HUT TNI Ke-79I, di Monas, Jakarta pada Sabtu (5/9/2024).

Pembukaan HUT TNI Ke-79 ditandai dengan penampilan drumband dari peserta didik akademi militer dan atraksi penerbangan dari Cessna dan Rajawali Laut di langit sekitar kawasan Monas.

Setelah itu, pasukan upacara dari 22 batalyon pasukan TNI memasuki lapangan acara, diikuti dengan kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Bertindak sebagai Komandan Upacara HUT TNI Ke-79 kali ini Mayjen TNI Djon Afriandi yang kini menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus Lulusan Akademi Militer 1995.

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Agus Subianto melakukan pengecekan pasukan dengan berkeliling lapangan upacara menggunakan mobil taktis Maung Pindad.

Kepala Negara atas nama rakyat dan pemerintah pun mengucapkan terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI.

“Terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI bagi rakyat, bagi bangsa, dan negara. Sepuluh tahun pemimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, selama masa kepemimpinannya, TNI selalu menjaga persatuan, stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis. Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang meningkatkan kekuatan militer Indonesia.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto sekaligus sebagai presiden terpilih. Ia telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan, dengan memodernisasi Alutsista,” ucapnya.

Prabowo Subianto juga dinilainya mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global, dan masih banyak lagi. Kepala Negara menilai, membentuk kekuatan militer sangat penting di tengah tantangan global yang semakin tidak mudah.

“Iptek berkembang semakin cepat, ancaman siber semakin berbahaya, tensi geopolitik semakin memanas. Belum lagi perang yang tidak hanya konvensional, tapi juga perang ekonomi dan perang dagang, Itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan,” ujar Jokowi.

Acara inti HUT TNI Ke-79 bertema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” itu meliputi laporan resmi, penghormatan kebesaran, serta penganugerahan tanda kehormatan.

Setelahnya, berbagai demonstrasi dari satuan gabungan TNI seperti free fall, pasukan berkuda, dan atraksi pesawat tempur tampil memukau para penonton.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments