Saturday, September 7, 2024
spot_img
HomeBUMNBangun Rusun Tercepat di IKN, KemenPUPR Raih Rekor MURI

Bangun Rusun Tercepat di IKN, KemenPUPR Raih Rekor MURI

INAKINI.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil meraih Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan membangun Rumah Susun (Rusun) tercepat di Indonesia.

Hal tersebut diperoleh saat melakukan Topping Off Bangunan Rusun empat lantai tercepat hanya dengan waktu 29 jam 26 menit 51 detik.

Dengan menggunakan teknologi Mobox yang dikembangkan PT Adhi Karya, pembangunan hunian bertingkat setinggi empat lantai yang akan digunakan sebagai Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) Tahap II di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan – Kementerian PUPR Iwan Suprijanto saat memantau pengerjaan Rusun HPK IKN pada Jumat (19/7/2024) menyampaikan bahwa inovasi ini dapat dikembangkan bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia lain sehingga mempersingkat waktu pengerjaannya.

“Alhamdulillah HPK Tahap II berhasil mendapat Rekor MURI Topping Off Bangunan empat lantai dalam waktu 29 jam 26 menit 51 detik saja. Rekor MURI ini diharapkan dapat memacu semangat pekerja konstruksi membangun berbagai infrastruktur di Ibu Kota Nusantara,” ujar Iwan Suprijanto pada Jumat (19/7/2024).

Iwan Suprijanto menjelaskan bahwa pembangunan IKN adalah harapan baru bagi bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju dalam pembangunan infrastruktur dengan teknologi konstruksi yang semakin masif dan cepat. Diharapkan inovasi ini mampu mewujudkan infrastruktur yang baik dan tentunya sesuai dengan desain pembangunan IKN yakni smart and forest city.

Untuk mengejar target pembangunan infrastruktur, Kementerian PUPR menggunakan teknologi Mobox, yakni teknologi modular yang ramah lingkungan, cepat, ringan dan mudah dijangkau sampai ke remote area.

Nantinya, Kementerian PUPR akan menggunakan bangunan empat tersebut sebagai HPK Tahap II sebagai tempat tinggal para pekerja konstruksi selama proses pembangunan infrastruktur di IKN berlangsung.

Dirjen Perumahan juga mengucapkan apresiasi nya kepada “pasukan terbaik” PT Adhi Karya dan PT Adhi Persada Gedung (APG) yang telah berhasil mencetak Rekor MURI tersebut sehingga menjadi bukti bahwa kemajuan teknologi konstruksi di Indonesia berhasil diwujudkan di IKN.

“Mobox merupakan produk anak bangsa yang dikembangkan oleh PT Adhi Karya dan berhasil mempersembahkan Rekor MURI pembangunan hunian pekerja konstruksi tercepat di Indonesia. Teknologi Mobox mampu menghadirkan metode konstruksi yang cepat dengan minimum waste yang merupakan prinsip implementasi prinsip lean construction,” tutup Iwan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments