Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeASEANTiba di Istana Malacañang, Presiden Jokowi Disambut Upacara Resmi

Tiba di Istana Malacañang, Presiden Jokowi Disambut Upacara Resmi

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tiba di Istana Malacañang, Manila, Filipina untuk bertemu Presiden Ferdinand Ferdinand Romualdez Marcos Jr. pada Rabu (10/01/2024). Upacara penyambutan resmi digelar untuk menyambut Presiden Jokowi.

Setelah disambut langsung oleh Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr., lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan. Setelah itu, kedua pemimpin melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kedua pemimpin kemudian memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara. Delegasi Indonesia yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistyanto, Duta Besar RI untuk Filipina Agus Widjojo, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jailani, dan Direktur Asia Tenggara Mirza Nurhidayat.

Sementara itu, delegasi dari Filipina yang hadir antara lain Menteri Luar Negeri Enrique A. Manalo, Sekretaris Eksekutif Lucas P. Bersamin, Menteri Pertahanan Nasional Gilbert Teodoro, Menteri Perdagangan dan Perindustrian Alfredo E. Pascual, Menteri Transportasi Jaime Bautista, Menteri Energi Raphael P. M. Lotilla, dan Penasihat Presiden untuk Perdamaian Carlito G. Galvez Jr.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr. melakukan tete-a-tete yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara kedua negara. Presiden Jokowi berterima kasih atas sambutan hangat Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan menyampaikan arti penting kunjungan ke Filipina bagi Indonesia.

“Terima kasih atas sambutan hangatnya. Filipina merupakan negara pertama yang saya kunjungi tahun ini untuk rayakan 75 tahun hubungan diplomatik dan perkuat kerja sama kedua negara,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan kali ini, kedua negara juga melakukan pertukaran nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dalam bidang energi. Presiden Jokowi menyambut baik hal tersebut.

“Saya sambut baik penandatanganan MoU Kerja Sama Bidang Energi dan terima kasih atas dukungan Filipina untuk Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu,” ucap Presiden Jokowi.

Setelah menyampaikan pernyataan pers bersama, Presiden Jokowi kemudian menghadiri santap siang resmi yang digelar oleh Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr.. Acara tersebut sekaligus mengakhiri rangkaian upacara penyambutan resmi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments