Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeASEANSekjen ASEAN Harapkan Timor-Leste Kerja Keras untuk Jadi Anggota Penuh

Sekjen ASEAN Harapkan Timor-Leste Kerja Keras untuk Jadi Anggota Penuh

Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu), Teuku Faizasyah, menyatakan organisasi ASEAN akan makin kuat dengan diterimanya Timor Leste sebagai anggota ke-11, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Demikian disampaikan Faizasyah, di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo pada Kamis (11/5).

“ASEAN tentu makin solid dengan telah diterimanya secara prinsip Timor-Leste,” kata Faizasyah.

Menurut Faizasyah, setelah diterima sebagai anggota ASEAN, maka Timor-Leste perlu meratifikasi Piagam ASEAN, penyesuaian aturan nasional terkait kesepakatan dan dokumen ASEAN, serta pembentukan misi diplomatik negara tersebut untuk ASEAN.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sidharto Reza Suryodhipuro, mengatakan Indonesia akan membantu keanggotaan Timor-Leste sebagai anggota penuh ASEAN, salah satunya dengan penyesuaian perjanjian di bidang ekonomi, sosial budaya dan politik.

Demikian disampaikan Sidharto Reza Suryodhipuro, dalam konferensi pers di Media Center KTT ke-42 ASEAN, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Senin (8/5).

“Untuk menuju keanggotaan penuh ASEAN, maka ada berbagai pernjanjian yang harus dipenuhi oleh Timor-Leste, dan yang cukup rumit adalah bidang ekonomi,” kata Sidharto.

Menurutnya, kerumitan di perjanjian bidang ekonomi karena harus berhubungan dengan negara lain.

Sidharto menegaskan, Indonesia juga membantu peningkatan kapasitas teknis para aparatur sipil negara (ASN) Timor-Leste.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments