Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeHealthWHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global Covid-19

WHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global Covid-19

INAKINI.COM – Organisasi Kesehatan Dunia/ World Health Organisation (WHO) telah menyatakan bahwa Covid-19 tidak lagi menjadi “darurat kesehatan global” pada Jumat (5/5).

“Kemarin, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya agar saya menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya telah menerima saran itu. Oleh karena itu dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi pada Maret 2020.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menambahkan bahwa ini berarti sudah saatnya negara-negara beralih dari “mode darurat” ke penanganan Covid-19 bersama penyakit menular lainnya.

Namun, dia mengingatkan bahwa ini tidak berarti Covid-19 telah berakhir sebagai ancaman kesehatan global.

Dia juga mengatakan bahwa “hal terburuk” yang dapat dilakukan negara mana pun saat ini adalah lengah, membongkar sistem yang telah dibangunnya, atau memberi tahu rakyatnya bahwa Covid-19 tidak perlu dikhawatirkan.

Tedros menyoroti bahwa sementara tujuh juta kematian akibat Covid-19 telah dilaporkan ke WHO, mengganggu ekonomi global, dan menghancurkan komunitas. Jumlah kemungkinan kematian setidaknya 20 juta.

WHO tidak mengumumkan awal atau akhir pandemi, meskipun istilah Covid-19 mulai digunakan pada Maret 2020.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments