Friday, May 24, 2024
spot_img
HomeSportOpening Ceremony 32nd SEA Games Meriah, Tampilkan Budaya Kamboja

Opening Ceremony 32nd SEA Games Meriah, Tampilkan Budaya Kamboja

INAKINI.COM – Pesta Olah Raga Asia Tenggara, 32nd SEA Games telah resmi dibuka pada Jumat (5/5) oleh Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen.

Opening ceremony yang digelar di Stadion Nasional Morodol Techo, Phnom Penh, Kamboja menampilkan pertunjukkan kaya akan budaya dan tradisi Kamboja.

Tiongkok yang memiliki hubungan baik dengan sang Perdana Menteri Kamboja merancang dan membiayai stadion senilai USD 157 juta dengan kapasitas 60.000 penonton ini.

Lebih dari 11.000 atlet, pelatih, dan official menghadiri 32nd SEA Games yang akan ditutup pada 17 Mei 2023.

Pemerintah menyediakan tiket secara gratis dan sekolah serta universitas di Kamboja akan diliburkan selama sebulan agar para siswa dapat hadir.

32nd SEA Games (Cambodia 2023) ini bukan tanpa kontroversi, Thailand memboikot cabang olah raga Kick Boxing setelah berselisih Penamaan.

Kamboja memilih kick boxing dengan nama kun khmer, nama lokal untuk olah raga tersebut, bukan muay thai.

Ini adalah pertama kalinya Kamboja menjadi tuan rumah acara regional tersebut. 32nd SEA Games akan menampilkan 36 cabang olahraga di sejumlah kota termasuk ibukota Phnom Penh, Siem Reap dan Sihanoukville.

Kamboja menunggu selama 60 tahun untuk menjadi tuan rumah 32nd SEA Games. Kamboja pernah dinobatkan tuan rumah pada tahun 1963, namun dibatalkan karena situasi politik dalam negeri.

Pembukaan 32nd SEA Games ditandai dengan Sorn Seavmey (atlet taekwondo Kamboja peraih emas Asian Games 2014) “terbang” untuk menyalakan kauldron di Stadion Morodok Techo.

32nd SEA Games akan diadakan dari 5 Mei hingga 17 Mei 2023, dilanjutkan oleh 12th ASEAN Para Games dari 3 Juni hingga 9 Juni 2023. Beberapa olahraga seperti hoki dalam ruangan, kriket, dan sepak bola sudah berlangsung.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments