Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeViralsPengurus Masjid Istiqlal Temukan 50 Stiker QRIS Palsu di Kotak Amal

Pengurus Masjid Istiqlal Temukan 50 Stiker QRIS Palsu di Kotak Amal

INAKINI.COM – Aksi penipuan dengan modus menempel barcode QR Indonesian Standard (QRIS) palsu di kotak amal juga terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Jakarta, Abu Hurairah, mengungkap peristiwa penempelan diduga terjadi 2 hari lalu dan ada sekitar 50 stiker QRIS palsu yang ditemukan petugas.

Ia menambahkan stiker palsu yang berada di masjid Istiqlal itu serupa dengan yang ditempel di Masjid Nurul Iman Blok M Square.

“Ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi masjid. Ada sekitar 50,” kata Abu saat dihubungi pada Senin (10/4).

Ia menyampaikan adanya QRIS palsu itu diketahui sejak tiga hari lalu. Pengurus Masjid Istiqlal langsung melapor kepada bank usai mengetahui peristiwa tersebut.

Perbedaan hanya sedikit. Misalnya, stiker QRIS di Masjid Blok M Square bertuliskan “Restorasi Masjid”, sedangkan di Masjid Istiqlal bertuliskan “Restorasi Mesjid”.

“Bank yang punya QRIS yang usut,” kata dia.

Sebelumnya, polisi menyebut aksi penipuan dengan QRIS palsu itu terjadi di beberapa masjid di Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy menyebut sejauh ini pelaku diketahui satu orang.

“Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, lebih dari satu lokasi, dari lokasi ada di Kebayoran Lama dan ada di Pancoran, Pondok Indah dan Kalibata, jadi ada beberapa lokasi,” kata dia di Jakarta, pada Senin.

Sejauh ini sudah ada satu korban yang telah membuat laporan resmi ke pihak kepolisian. Sedangkan untuk korban lainnya, kata dia, kepolisian sudah melakukan komunikasi untuk membuat laporan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments