Tuesday, March 19, 2024
spot_img
HomeBUMNAngkutan Lintas Negara Kupang - Dili Bus Damri Resmi Dibuka

Angkutan Lintas Negara Kupang – Dili Bus Damri Resmi Dibuka

INAKINI.COM – Perum Damri resmi membuka rute baru Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) dari Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menuju Dili, Negara Timor-Leste yang akan beroperasi per Kamis (30/3).

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa layanan DAMRI Kupang-Dili resmi beroperasi dengan tarif gratis khusus pada tanggal 30 Maret 2023, saat pembukaan layanan.

“Hadirnya layanan tersebut merupakan kesepakatan G2G yaitu bagian dari Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) tentang On Cross Border Movement of Commercials Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste,” ungkap Akhmad Zulfikri pada Rabu (29/3).

 Batugade Integrated Border Post – Timor-Leste

Damri melayani dua unit bus ALBN dengan melewati rute Terminal Bimoku Kupang-Terminal Haumeni Soe-Terminal ALBN Kefamenanu-Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain-Dili dengan tarif sekali jalan sebesar Rp 350.000.

Adapun untuk jam keberangkatan dan jam kedatangan rute Kupang-Dili, antara lain:

  1. Bus pertama dari Terminal Bimoku, Kupang yakni pukul 06.00 Wita, dengan jam kedatangan di Dili pukul 17.00 waktu Timor-Leste
  2. Bus kedua dari Terminal Bimoku, Kupang pukul 07.00 Wita, dengan jam kedatangan di Dili pukul 18.00 waktu Timor-Leste

Semua titik lokasi check point tersusun dalam jadwal berikut:

  1. Terminal Haumeni Soe memiliki jadwal check point pukul 08.00 dan 09.15 Wita
  2. Terminal ALBN Kefamenanu memiliki jadwal check point pukul 09.55 dan 10.55 Wita
  3. PLBN Motaain memiliki jadwal check point pukul 12.40 dan 13.40 Wita

Damri pun melayani rute sebaliknya dari Dili-Kupang dengan menyesuaikan operasional yang berlaku. “Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket melalui Damri Apps khusus keberangkatan dari Kupang, dan bisa memesan di loket keberangkatan di Pelabuhan Dili khusus keberangkatan dari Dili,” ujar Akhmad Zulfikri .

Ia menyebutkan, ada dua unit Bus DAMRI jenis medium masing-masing berkapasitas 28 penumpang yang akan beroperasi di jalur darat dari Kupang menuju Atambua, Kabupaten Belu, kemudian menuju Pos Lintas Batas Negara Motaain dan selanjutnya ke Dili.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments