Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeASEANMichelle Yeoh Raih Penghargaan Aktris Terbaik Asia Pertama di Oscar 2023

Michelle Yeoh Raih Penghargaan Aktris Terbaik Asia Pertama di Oscar 2023

INAKINI.COM – Tan Sri Michelle Yeoh membuat sejarah showbiz setelah menjadi wanita Asia pertama yang memenangkan Aktris Terbaik untuk penampilannya di Everything Everywhere All At Once pada acara Oscar yang di gelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (12 Maret 2023).

Kemenangan tersebut menjadikannya bintang Asia pertama yang memenangkan aktris terbaik dalam 95 tahun sejarah Academy Awards.

“Terima kasih, terima kasih. Untuk semua anak laki-laki dan perempuan kecil yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan. Ini adalah bukti, mimpi besar, dan mimpi menjadi kenyataan,” kata Yeoh setelah menerima piala Oscar dari aktris Jessica Chastain dan Halle Berry.

“Dan nona-nona, jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda telah melewati masa jaya Anda,” tambah Yeoh.

Bintang kelahiran negara bagian Ipoh, Malaysia itu mengalahkan aktris Australia dan pemenang Oscar dua kali Cate Blanchett, yang dikatakan sebagai pesaing terdekatnya, untuk penghargaan akting yang didambakan itu. Nominasi lain dalam kategori Aktris Terbaik termasuk Ana De Armas, Michelle Williams dan Andrea Riseborough.

“Saya harus mendedikasikan (penghargaan) ini untuk ibu saya, semua ibu di dunia karena mereka benar-benar pahlawan super, dan tanpa mereka, tidak ada dari kita yang akan berada di sini malam ini.

“Aku akan membawa pulang ini untuknya. Dia sedang menonton di Malaysia, KL, bersama keluarga dan teman-temanku. Aku cinta kalian. Aku akan membawa pulang ini untukmu,” lanjut Yeoh.

“Dan juga untuk keluarga besar saya di Hong Kong tempat saya memulai karir saya. Terima kasih telah membiarkan saya berdiri di atas bahu Anda, memberi saya pijakan sehingga saya bisa berada di sini hari ini,” tambahnya.

Setelah seremoni penghargaan Oscar, Michelle Yeoh menghadiri after-party di mana dia merayakan kemenangan bersejarahnya dengan putri baptisnya Dee Poon – yang juga merupakan putri dari mantan suaminya, Dickson Poon.

Yeoh dan Dickson bertemu di lokasi syuting pada film ‘Yes, Madam‘ pada tahun 1985, di mana aktris tersebut berperan sebagai pemeran utama dan Dickson adalah produsernya.

Keduanya menikah pada tahun 1988 tetapi bercerai tiga tahun kemudian. Terlepas dari perceraian, Yeoh mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan kesibukan bahwa tidak ada kebencian di antara mereka dan semuanya berakhir dengan baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments