Monday, June 24, 2024
spot_img
HomeTravelBali Kedatangan Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia, Ini Deretan Persiapan Kemehub

Bali Kedatangan Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia, Ini Deretan Persiapan Kemehub

INAKINI.COM – Kementerian Perhubungan sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan pesawat penumpang paling besar di dunia, Airbus A380 dari maskapai Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Rencananya pesawat berkapasitas 600 penumpang tersebut akan mendarat di Bandara Ngurah Rai tepat pada bulan Juni 2023 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Maria Kristi Endah Murni memberi pernyataan pihaknya masih mempersiapkan rencana operasional khusus, baik teknis pelayanan guna melancarkan take off hingga landing pesawat.

Baca juga : Pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XVIII, Ini Pesan Sri Sultan

“Krena kapasitas pesawat ini terbilang besar sekali dan dimensi pesawat terdiri dari dua lantai, maka dibutuhkan waktu penanganan handling dan peralatan berbeda dari pesawat lainnya,” kata Kristi pada Senin 30 Januari 2023.

Sedangkan dari pihak Kantor Otoritas Bandar Udara OBU Wilayah IV Bali masih berkoordinasi bersama pengelola bandar PT Angkasa Pura I hingga stakeholder lainnya.

Proses pengisian bahan bakarnya, custom, hingga Immigration and quarantine sampai kesiapan unit pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran hingga penanganan penumpan sudah tersedia.

Baca Juga : Beredar Isu Reshuffle, PPP Berharap Bisa Tambah Kursi Menteri Untuk Kadernya

“Kami harus memastikan kesiapan alternate aerodome yang mana bandara alternatif terdekat mampu menampung pesawat A380 dimana terjadi gangguan di Bandara Ngurah Rai,” kata Kristi.

Ditjen Perhubungan Udara telah mempersiapkan tim asesmen akan turun langsung memastikan semua presiapan sampai pengoperasian dan melakukan penilaian mengenai SOP yang sudah dibuat oleh PT Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara.

“Kami harus pastikan semua fasilitas sudah lengkap agar operasi penerbangan dan pelayanan berjalan selamat, aman, dan nyaman,” kata Kristi.

Baca Juga : Polisi Tindak Tegas Pelaku Ricuh Demonstrasi Aremania Akibatkan 3 Orang Luka

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments