Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeBUMNMenteri PUPR Resmikan Pabrik Lead Rubber Bearing, Apa Manfaatnya?

Menteri PUPR Resmikan Pabrik Lead Rubber Bearing, Apa Manfaatnya?

INAKINI.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan dukungan untuk memakai Lead Rubber Bearing atau LBR untuk produksi dalam negeri hingga berguna dalam pembangunan kawasan rentan gempa.

Dari poin tersebut disampaikan langsung oleh Basuki pada peresmian Pabrik LBR, Bearing Expansion Joint, dan Fasilitas Uji Seismic Isolator msLAB dari PT Magdatama Multi Industri, di Karawang International Industri City pada Senin 31 Januari 2023.

Baca Juga : Bali Kedatangan Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia, Ini Deretan Persiapan Kemehub

DIketahui pabrik tersebut bisa menyerap tenaga kerja sampai 200 karyawan hingga memiliki kapasitas produksi mencapai 14.000 unit per tahun.

Basuki menambahkan, LRB tersebut memiliki fungsi sebagai peredam daya gempa. Sehingga dari fungsinya bisa mendorong penggunaan LBR untuk bangunan terutama di kawasan rentan gempa di Indonesia.

“Akan kami kembangkan untuk gedung-gedung di kawasan rentan gempa di Indonesia,” kata Basuki pada Selasa 31 Januari 2023.

Baca Juga : Pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XVIII, Ini Pesan Sri Sultan

Menteri PUPR masih mendorong bagaimana memanfaatkan produk dalam negeri sampai pembangunan infrastruktur memanfaatkan produk yang telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tinggi dari Kementerian Perindustrian.

“Kementerian PUPR masih mendorong untuk produksi lokal lebih besar. Terlebih pada skala ini sudah mencapai 2700km jalan tol, sudah kita bangun baru mencapai 1900 km, jadi jangan sampai untuk LRB kita harus impor terus. Dan saya kira LRB tersebut mempunyai TKDN lebih tinggi mencapai 78,75 persen,” tambah Menteri PUPR.

Baca Juga : Beredar Isu Reshuffle, PPP Berharap Bisa Tambah Kursi Menteri Untuk Kadernya

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments