Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeHealth5 Deretan Tanaman Herbal Terbukti Sembuhkan Batuk, Ini Daftarnya

5 Deretan Tanaman Herbal Terbukti Sembuhkan Batuk, Ini Daftarnya

INAKINI.COM – Beberapa deretan tanaman herbal terbukti sembuhkan batuk menjadi pencarian karena memang memberi manfaat secara maksimal.

Kondisi batuk yang sulit disembuhkan bisa menjadi satu gejala gangguan di saluran pernafasan ataupun lainnya.

Tidak perlu panik bila Anda kehabisan obat batuk di Apotek sehingga ada poin penting menarik bahwa terdapat tanaman herbal yang ada di sekitar kita bisa dijadikan obat batuk alami.

Berikut ini ada deretan tanaman herbal yang dipercaya bisa meredakan batuk secara tepat, cepat dan efektif.

Jenis batuk kering dan batuk berdahak bisa disebabkan beberapa faktor seperti alergi hingga infeksi virus ataupun bakteri hingga terjadinya asam lambung.

Saat ini Anda bisa mencoba seperti apa pengobatan alami yang mana memberi pilihan menarik sebagai satu tanaman herbal yang dipercaya dan bisa meredakan batuk.

Berikut terdapat beberapa pilihan tanaman herbal bisa menjadi satu aspek alami dalam meredakan batuk seperti pada informasi berikut :

  • Kunyit

Pada urutan pertama ada kunyit yang mana menjadi salah satu bahan efektif untuk meredakan batuk. Kandungan di dalam kunyit terdiri dari kurkumin, minyak atsiri dengan khasiat bisa membunuh bakteri dan mengatasi perut kembung.

Tidak hanya itu senyawa tersebut bisa mengurangi gerakan kontraksi usus hingga akhirnya dapat mencegah diare serta memperlancar pengeluaran cairan empedu.

Dalam mengobati batuk, kunyit bubuk bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan bersama susu hangat kemudian bisa diminum sebelum tidur.

Baca Juga : PT KAI Berikan Vaksinasi Covid-19 Gratis, Jadi Upaya Penuhi Syarat Naik Kereta Api

  • Jeruk Nipis

Dikutip dari beberapa sumber pada 14 Juli 2022, terdapat efek farmakologis dari jeruk nipis yang mana menjadi anti demam, anti inflamasi, kemudian antibakteri, dan bisa mengurangi batuk.

Dalam cara mengobati batuk menggunakan jeruk nipis terbilang mudah, yakni peras satu buah jeruk nipis kemudian diminum hingga dicampur lagi bersama air kelapa hijau muda.

  • Jintan

Masih terdapat jintan yang mana masuk tanaman herbal yang dapat meredakan batuk. Kandungan minyak atsiri di dalam jintan hingga senyala kalium juga dapat meredakan batuk.

Langkah mengolah jintan sebagai obat batuk alami adalah merebusnya sebanyak 10 lembar daun, kemudain tambahkan 5 lembar daun sirih, 7 buah kapulaga, kayu manis, dan tambahkan gula batu secukupnya.

Minum dari larutan tersebut sebanyak 3 kali sehari sebagai cara meredakan batuk.

Baca Juga : Dukung BUMN Dengan Tingkatkan Izin Usaha UMKM, Erick Thohir Ingin Dana Program KUR Terserap Maksimal

  • Jahe

Bahan herbal jahe menjadi salah satu poin penting untuk memberi manfaat menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

Jahe juga dipercaya bisa mengatasi batuk beserta pilek. Tidak hanya mengopbati pilek dan batuk saja, tetapi jahe masih mengandung senyawa bioaktif hingga dapat membantu meredakan rasa mual.

  • Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi bumbu dapur yang mana berguna untuk sembuhkan batuk secara alami.

Bawang putih bisa menjadi bahan antiseptik dan antivirus yang lebih kuat dari bahan alami lainnya.

Bahkan bawang putih sendiri dapat dipakai untuk meredakan batuk, sehingga Anda dapat mencampur bawang putih bersama madu sebagai satu langkah cepat untuk mengatasi batuk secara alami.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments