Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeParentingAwas! Akibat Anak Jajan Sembarangan Bisa Picu Penyakit Ini

Awas! Akibat Anak Jajan Sembarangan Bisa Picu Penyakit Ini

INAKINI.COM – Beragam menu jajanan yang ada di lingkungan sekolah ataupun sekitar anak-anak bermain masih berpotensi menimbulkan penyakit.

Baru-baru ini hepatitis misterius menjadi ancaman serius bagi anak-anak dan dari faktor penyebabnya masih belum diketahui.

Namun, analisa faktor penyebab hepatitis misterius tersebut terjadi karena linkungan dan kebersihan hingga pengolahan makanan.

Oleh sebab itu anak-anak perlu memperhitungkan kualitas jajanan yang dikonsumsi agar tidak mendapat pengaruh buruk seperti paparan bakteri dan penyakit.

Artikel Menarik Lainnya :

Infeksi Kuman dan Penyakit yang Dipicu Jajan Sembarangan

Cukup banyak informasi dari daftar penyakit dan gangguan kesehatan terjadi karena jajan sembarangan.

Diare

Pada urutan pertama terdapat diare dimana terjadi karena paparan bakteri karena tidak sterilnya makanan ataupun pengolahan makanan secara sembarangan.

Dalam hal ini diare dapat berdampak pada kesehatan terutama dehidrasi karena kehilangan cairan. Mencegah diare terbilang mudah, hindari jajan sembarangan ataupun bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

Tipes

Berikutnya ada tipes yang mana menjadi satu penyakit kerap muncul karena kuman penyakit di makanan.

Pengolahan makanan menjadi kunci penting agar anak-anak terhindar dari tipes. Resiko kematian penyakit tipes pada anak-anak masih tergolong tinggi. Untuk itu diperlukan cara tepat untuk menghindari penyakit tipes.

Kerusakan Hati

Pada kondisi cukup parah kerusakan hati bisa terjadi akibat tidak sterilnya makanan dan minuman. Ketika jajanan tidak dikontrol dari aspek kebersihan dan pengolahan tidak baik, pastinya akan berdampak jangka panjang pada organ hati.

Cermati kembali dari kondisi makanan dan sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan makanan secara tepat.

Keracunan Makanan

Banyak kasus keracunan makanan yang mana bisa terjadi karena tidak bersihnya makanan. Infeksi kuman penyakit dari bahan makanan menimbulkan komplikasi.

Sehingga dari resiko keracunan makanan ini terbilang cukup tinggi dan beresiko bisa memberi efek buruk pada kesehatan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments