Wednesday, May 15, 2024
spot_img
HomeHealth5 Pemicu Anak Sakit Setelah Mudik, Orang Tua Perlu Cermati

5 Pemicu Anak Sakit Setelah Mudik, Orang Tua Perlu Cermati

INAKINI.COM – Momen mudik Lebaran membuat aktivitas olahraga menurun bahkan tidak memperhitungkan pola makan hingga membuat anak jatuh sakit.

Seringkali setelah momen mudik ada banyak gangguan kesehatan yang dicetuskan dari beberapa faktor.

Dilansir dari beberapa sumber yang sudah kamir rangkum pada Selasa (16/5/2022) terlihat ada beberapa masalah sering terjadi seperti diare, dan juga demam yang diakibatkan beberapa faktor.

Meskipun derajatnya lebih ringan dan bisa diatasi, akan lebih baik bila semua masalah kesehatan bisa dihindari dan dicegah.

Baca Juga : Agar Lebih Romantis, 5 Hal yang Tidak Dilakukan Saat Berhubungan Seks

Faktor Pemicu Anak Sakit Setelah Mudik

Terdapat lima faktor kenapa anak-anak bisa mengalami gangguan kesehatan setelah mudik. Dalam hal ini ada perhitungan penting dimana pihak orang tua perlu mencermati seperti apa kondisi lingkungan dan sebagainya untuk bisa dicermati kembali setelah mudik Lebara ataupun perjalanan jauh.

Kondisi Makanan dan Minuman

Menjadi satu faktor paling sering memberi dampak buruk pada kesehatan anak-anak setelah libur Lebaran yang mana makanan dan minuman perlu dijaga kebersihannya.

Terkadang kondisi anak tidak mendapat kendali penuh saat jajan di luar rumah. Sehingga dari serangan bakteri membuat kemungkinan besar makanan dan minuman yang dikonsumsi sembarangan memberi efek pada gangguan pencernaan.

Baca Juga : Desa Terbersih di Bali Akan Dikunjungi 200 Delegasi G20

Kondisi Tempat Baru

Berikutnya dimana anak-anak bisa saja mengalami kondisi gangguan kesehatan karena faktor kondisi tempat baru yang berbeda lingkungan. Dari sinilah bisa saja anak-anak mengalami stres berlebihan sehingga menganggu pencernaan dan kesulitan dalam mengkonsumsi makanan.

Penurunan imunitas tubuh juga menjadi pencetus utama dimana kondisi tubuh benar-benar drop.

Mendapat Gigitan Serangga dan Hewan

Meskipun kecil kemungkinannya, namun Anda tetap harus waspada terhadap serangan gigital serangga dan hewan.

Dalam hal ini hewan ataupun serangga pembawa virus serta penyakit bisa memberi gigitan pada anak-anak dan akhirnya terjangkit penyakit.

Mendapat Penulara Infeksi Dari Orang Lain

Terkadang banyak kondisi dimana infeksi penularan seperti flu dan batuk ataupun lainnya bisa terjadi karena kurangnya pengawasan.

Anak bisa terpapar dan terkena deman hingga penyakit lain setelah masa infkubasi selesai sehingga pihak orang tua perlu cepat untuk memberi perawatan.

Mengalami Stres Berkepanjangan

Secara tidak langsung kondisi dari stres berkepanjangan ini juga memberi efek pada kesehatan. Tidak semua perjalanan mudik memberi kelancaran sehingga ada potensi macet dan akhirnya Anda perlu berhati-hati bila anak-anak sudah memperlihatkan tanda-tanda stres.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments