Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeViralsMerapi Muntahkan Awan Panas Guguran, Area Sekitarnya Hujan Diguyur Hujan Abu

Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, Area Sekitarnya Hujan Diguyur Hujan Abu

INAKINI.COM – Aktivitas Gunung Merapi yang ada di utara Yogyakarta mengalami kondisi peningkatan aktivitas dengan meluncurkan awan panas guguran sejauh lima km dan mengarah ke arah tenggara pada Rabu (9/2/2022) tepat pada pukul 23.18WIB.

Terlihat dari kondisi puncak gunung Merapi mengeluarkan lava pijar sebanyak 7 kali dengan total hitungan jarak luncur mencapai 1800 meter ke arah barat daya.

Dari data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) telah mendapat catatan waktu terjadinya APG yang masing-masing pada pukul 23.18, 23.29, 23.38, 23.44, dan 23.53 WIB hingga memberi ukuran amplitudo maksimalnya mencapai 75 milimeter dan durasi maksimal 570 detik.

Lihat Juga : Bentuk Protes Jalan Berlubang Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pemalang Gelar Aksi Mandi Lumpur

Namun, sejak pukul 01.30 kondisi dari Gunung Merapi ini sudah terlihat melandai, meskipun pascakejadian dari APG sebelumnya masih ada dominasi kegempaan guguran. Dari laporan BPPTKG juga terlihat ada faktor pemicu hujan abu di daerah sekitar tepatnya di Pos Pengamatan Gunungapi Babadan, Desa Tlogolele, Desa Ketep, Desa Jati, Desa Soronalan, dan Desa Gantang di Kecamatan Sawangan, Desa Paten.

Tidak hanya itu, karena beberapa desa seperti di Desa Sengi, dan Desa Krinjing Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah kemudian di Desa Balai Rante hingga kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dari pihak Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Klaten dan Sleman sudah melakukan pendampingan hingga memberi bantuan logistik kepada para pengungsi tersebut. Dilansir dari Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNBP, Abdul Muhari di siaran pers Kamis (10/3/2022) pagi juga menatakan bahwa ada 193 warga di Kabupaten Sleman dan 60 warga di Kabupaten Klaten sudah mengungsi dan mendapatkan bantuan yang layak di tempat pengungsian untuk mengamankan diri hingga kondisi Gunung Merapi kembali stabil.

Lihat Juga : Luncurkan Leap, Wujud Telkomsel Dalam Wujudkan Transformasi Digital

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments