Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeNewsPoin Utama Perlu Diperhatikan Dalam Tradisi Bersih-Bersih Rumah Sebelum Imlek

Poin Utama Perlu Diperhatikan Dalam Tradisi Bersih-Bersih Rumah Sebelum Imlek

Menyambut Tahun Baru China ataupun disebut sebagai Imlek pastinya ada beberapa tradisi yang harus dilakukan. Warga Tionghoa di Indonesia memiliki tradisi membersihkan rumah sebagai ritual sebelum menyambut Tahun Baru Imlek.

Tidak hanya sekedar membersihkan rumah saja, tetapi dari ritual satu ini memiliki perhitungan tanggal sendiri untuk bisa memulai aktivitas tersebut. Dilansir dari halaman Richmond, Minggu 30/1/2022 dimana pembersihan musim semi rata-rata dimulai pada tanggal 24 bulan lunar ke 12 yang mana tahun ini jatuh di tanggal 26 Januari, sedangkan Tahun Baru Imlek tahun ini akan jatuh pada tanggal 1 Februari.

Baca Juga : Warga Dihimbau Rayakan Imlek Secara Terbatas Karena Covid 19 di Palembang Meningkat

Secara poin utamanya, ritual besar tersebut dilakukan dengan tujuan mengusir kesialan. Kemudian dalam bahasa China debu adalah homofon yang mana memiliki arti tua dan dari sinilah ada faktor utama kenapa membersihkan rumah sebagai simbol untuk mengusir kesialan dari tahun sebelumnya dan berhasil membuka pintu keberuntungan.

Membersihkan tempat tinggal dari proses menyapu rumah, membersihkan jendela, kemudian memperbaiki barang pecah belah dan bahkan mencuci piring yang kotor perlu diperhitungkan dalam tradisi bersih-bersih rumah sebelum Imlek.

Tidak hanya itu, banyak orang juga memanfaatkan waktu untuk bisa mengecat ulang sampai ke dalam rumah. Sehingga ada beberapa tradisi bersih-bersih seperti halnya membuat kondisi lebih nyaman pada kondisi ruangan tertentu untuk memberi rasa lebih menarik.

Kegiatan bersih-bersih bisa dilakukan sebelum tengah malam Tahun Baru Imlek. Dan perlu diketahui kembali bahwa tidak boleh membersihkan rumah yang dilakukan pada Tahun Baru Imlek.

Beberapa alat pembersih dan juga perangkat kebersihan harus disingkirkan ketika menjelang hari Imlek dirayakan dengan tujuan bisa menghilangkan kesialan.

Baca Juga : 1 Februari 2022 Harga Minyak Goreng Curah Turun, Menko Perekonomian Imbau Masyarakat Tidak Khawatir Stok Masih Banyak

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments