Wednesday, May 1, 2024
spot_img
HomeTechnologyHati-Hati Bahaya Malware Brata di OS Android, Bisa Kuras Isi Rekening Bank...

Hati-Hati Bahaya Malware Brata di OS Android, Bisa Kuras Isi Rekening Bank Anda!

Banyak komponen OS Android yang mendapat berbagai macam serangan malware. Bahkan dari beberapa tahun terakhir jenis malware yang dapat menyerang OS Android mampu memberi dampak cukup buruk bagi pengguna.

Kali ini ada jenis malware Brata yang mana masih terus berevolusi dalam tiga tahun terakhir. Bahkan saat ini resiko buruk dari Brata ini mampu menguras rekening bank pengguna. Kemudian malware Brata juga dapat mereset pabrik di ponsel Android yang sudah terinfeksi.

baca Juga : Teknologi Asisten Digital Disematkan di Kulkas Pintar Samsung, Bisa Beri Informasi Resep Makanan

Dikutip dari halaman ArsTechnica, jenis malware Brata ini pertama kali ditemukan oleh Kaspersky kemudian ditemukan sebagai malware Android yang sudah beredar sejak tahun 2019.

Penyebaran dari malware Brata ini sudah mulai dari Google Play, akan tetapi perkembangan malware ini juga sudah menyusup ke aplikasi pihak ketiga. Malware satu ini juga sudah bisa menyusup di notifikasi push di situs website, kemudian ada kemungkinan berada di tautan sponsor di Google, sampai pesan yang secara langsung dikirim di WhatsApp.

Melihat dari kemampuan malware satu ini ternyata ada resiko yang terus meningkat hingga dianggap berbahaya. Sebab Brata sudah menyasar masyarakat yang memiliki rekening bank berbasis di Brazil. Akan tetapi kemampuan dari Brata juga dikatakan semakin mengerikan dimana mampu melakukan reset pabrik di perangkat yang sudah terinfeksi.

Tujuan utama dari serangan malware ini adalah menghapus jejak malware yang mana sudah melakukan pengurasan rekening dari korbannya.

Dari pihak Cleafy Labs sendiri menjadi pihak yang mengklaim menemukan Brata sudah banyak berevolusi. Sedangkan fitur baru dari malware tersebut diantaranya bisa mengakses GPS, kemudian memantau aplikasi bank korban.

Nantinya setelah malware menginfeksi dan berhasil melakukan transfer uang dari aplikasi finansial korban, maka Brata mampu memaksa perangkat untuk mereset tanpa ada izin sama sekali dari penggunanya.

Baca Juga : Google Produksi Chromebook Gaming Dengan Ciri Khas Keyboard RGB

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments