Thursday, May 9, 2024
spot_img
HomeHotPelajaran Dari Pembisnis Sukses Jack Ma Bos Alibaba

Pelajaran Dari Pembisnis Sukses Jack Ma Bos Alibaba

Menikmati hasil kerja keras dalam bentuk kekayaan menjadi impian banyak orang. Para pengusaha seringkali mencari sosok idaman ataupun tokoh inspirasi yang mampu memperlihatkan betapa kerasnya mencapai kesuksesan. Salah satu tokoh terkenal yakni Jack Ma sebagai pendiri Alibaba menjadi pilihan banyak kalangan karena memang sudah dikenal sebagai orang terkaya di China. Ada banyak pelajaran dari pembisnis sukses Jack Ma bos Alibaba bisa Anda praktekkan di kehidupan sehari-hari.

Sudah banyak pelaku usaha melihat secara detail rekam jejak dari sosok Jack Ma yang sekarang sudah mencapai titik sukses tertinggi. Anda mungkin tertarik dengan sosok Jack Ma kemudian ingin melihat secara detail seperti apa rahasia suksesnya untuk bisa jadi pebisnis sukses sampai sekarang.

Buatlah Tujuan Besar Agar Jaringan Lebih Kuat

Pada rahasia pertama cobalah membuat tujuan lebih besar untuk memperkuat jaringan. Memulai bisnis e-commerce memang tak mudah, akan tetapi Jack Ma memulainya dengan membuat tujuan besar yakni menyediakan layanan bisnis bagi masyarakat China. Jack Ma melakukan cara-cara menarik dalam memperkuat jaringan bisnisnya, bahkan Jack Ma mendapat suntikan dana investasi dari rekannya kemudian dari networking lebih luas dalam waktu cepat.

Membuat Sistem Terbaik

Pada pelajaran berikutnya cobalah membuat sistem terbaik tanpa melihat besar kecilnya perusahaan. Kerugian dalam bisnis kecil ataupun besar bisa disebabkan oleh sistem kurang baik, oleh karena itu pendapatan bisnis harus dikelola lebih baik kemudian sosok Jack Ma mampu mengelola sistem lebih baik dengan disiplin mengatur keuangan. Nantinya sistem pengelolaan lebih baik akan memperbesar potensi mengembangkan bisnis lebih cepat.

Jadilah Besar di Tengah Keterbatasan

Setiap pelaku bisnis pastinya mengalami masa-masa sulit. Sosok Jack Ma juga mengalami masa-masa sulit tersebut terutama pada saat menjalankan bisnis Yellowpages. Kesulitan Jack Ma dalam memahami teknologi internet di tahun 1995 terbilang sangat terbatas bahkan Jack Ma harus menerangkan bisnis internet selama lebih dari 2 jam kepada temannya. Intinya untuk bisa menjalankan bisnis besar di tengah keterbatasan upayakan semangat lebih tinggi ditambah lagi tambahkan ide kreatif di dalamnya.

Bekerja Tekun dan Cerdas

Tidak banyak pengusaha pemula melakukan sistem kerja lebih keras dan cerdas. Jack Ma tidak merekrut pekerja yang memiliki keahlian di bidangnya ditambah lagi dituntut nilai gaji sangat tinggi. Jack Ma merekrut orang-orang yang memiliki ketekukan, jujur, dan cukup cerdas untuk melakukan semua hal yang dibutuhkan. Terlihat pada saat kita merekrut pekerja yang tekun dan cerdas maka pengeluaran untuk memberi gaji akan lebih besar. Jadi untuk menghemat pengeluaran rekrutlah pekerja jujur, tekun, tanpa harus cerdas.

Pintar Menentukan Nama Bisnis

Nama sebuah bisnis juga harus diperhatikan bagi seorang Jack Ma. Kita sudah mengenal banyak brand terpopuler di dunia seperti Apple, Facebook, Microsoft, hingga Starbuck. Sosok Jack Ma memiliki anggapan bahwa filosofi nama sebuah perusahaan menjadi kekuatan tersendiri yang sangat berguna dalam membangun brand bisnis lebih kuat dan besar. Jadi Anda tak akan pernah rugi belajar dari kisah sukses dari pebisnis dunia seperti Jack Ma.

Mengambil Peran Seperti Karyawan

Terakhir dari sosok Jack Ma mengalami masa-masa sulit terutama dalam mendirikan perusahaan bernama Cofortune Information Technology dengan nilai total keuntungan 2,9 juta Yuan dalam waktu 14 bulan. Namun, Jack Ma memilih untuk keluar jadi pimpinan di Cofortune sehingga ada hal yang berhasil ia petik yakni bersifat rendah hati kemudian mau mendengarkan pendapat orang lain untuk menjadi saran bagi diri sendiri.

Ada banyak pelajaran daris pembisnis sukses Jack Ma bos Alibaba bisa memperlihatkan betapa pentingnya koneksi serta kerja keras tinggi di sebuah kegiatan bisnis.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments