Friday, May 3, 2024
spot_img
HomeTechnology9 Tips Unik Tingkatkan Sinyal WiFi

9 Tips Unik Tingkatkan Sinyal WiFi

Setiap perangkat smartphone pasti memiliki fitur sinyal WiFi yang mampu terhubung dengan jaringan hotspot. Tentu saja satu ponsel belum bisa dipastikan memiliki akses kecepatan WiFi yang sama, oleh karena itu diperlukan cara-cara terbaik untuk bisa meningkatkan kecepatannya. Kendala dari penggunaan jaringan WiFi lebih fokus pada daya jangkaunya, oleh karena itu ada 9 tips unik tingkatkan sinyal WiFi.

Koneksi sinyal WiFi lemah sudah pasti tidak memberi manfaat terbaik bagi pengguna smartphone dalam browsing internet. Maka dari itu diperlukan cara-cara terbaik untuk bisa mempercepat akses jaringan WiFi. Berikut ini ada beberapa cara terbaik bisa kamu lakukan agar jaringan WiFi bisa lebih cepat.

Carilah Posisi yang Tepat

Pada cara pertama sangat mudah diaplikasikan yakni carilah posisi lebih tepat. Meskipun koneksi sinyal WiFi tak bisa dilihat oleh mata, tetapi jika ada penghalang seperti dinding maka koneksi WiFi tidak bisa maksimal. Posisi router juga menentukan kecepatan akses jaringan internet, sehingga butuh posisi lebih bebas tanpa ada halangan. Cari tempat terbaik yang tidak ada halangan untuk menangkap jaringan WiFi.

Hindari Perangkat Elektronik Lainnya

Selain memanfaatkan posisi bebas halangan, masih ada satu cara dalam tips unik tingkatkan sinyal WiFi yakni menghindari adanya perangkat elektronik lainnya. Perangkat microwave juga bisa jadi penyebab, oleh karena itu sebisa mungkin jauhkan perangkat tersebut dari router, atau bisa juga dengan memanfaatkan perangkat router dual band untuk memindah opsi frekuensi lebih gampang.

Perbaiki Sistem Keamanannya

Tidak hanya mencari posisi yang tepat dan menghindarkan perangkat elektronik, perhatikan juga sistem keamanan paket internet untuk membuat koneksi WiFi lebih baik. Pergunakan password dengan kombinasi lebih rumit dan pakai enkripsi WPA2 agar koneksi WiFi tidak terkoneksi ke perangkat lainnya.

Pakai Teknologi Baru

Pakailah teknologi baru yang mana memiliki keunggulan lebih cepat dalam menangkap jaringan internet. Teknologi A,B dan G sudah terbilang lama, maka dari itu pakailah teknologi baru yakni versi N yang mampu menghadirkan koneksi internet lebih maksimal.

Pakai Channel Kosong

Salah satu trik dari tips unik tingkatkan sinyal WiFi adalah gunakan channel kosong yang mana membuat kemampuan router kamu lebih cepat. Pilihan channel WiFi yang kosong ataupun sedikit pemakainya bisa mempercepat akses internet. Untuk lebih mudah dalam memilih channel kosong gunakan aplikasi inSSDIer.

Pakai Kaleng Bekas

Pernahkah kamu mendengar tentang perangkat tambahan berupa kaleng bekas untuk mempercepat akses WiFi? Kali ini kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk mempercepat jaringan WiFi. Tidak hanya kaleng bekas saja, gunakan juga panci ataupun bahan aluminium foil untuk menambah kecepatan jaringan WiFi kamu.

Kontrol Bandwith

Tips unik tingkatkan sinyal WiFi cukup dengan mengontrol bandwith untuk browsing. Rata-rata para pengguna router mengontrol konsumsi bandwith agar tak mengalami kebocoran bandwith yang dampaknya kurang baik terhadap koneksi internet.

Pakai Akses WiFi Repeater

Masih ada cara lainnya untuk mempercepat akses WiFi yakni memakai penerima sinyak WiFi repeater. Dari perangkat WiFi repeater ini sangat cocok dalam menerima sinyal WiFi kemudian membuatnya menjadi lebih cepat.

Reboot dan Restart Berkala

Cara lain yang bisa dilakukan dengan mudah adalah reboot ataupun restart secara berkala. Kondisi router akan lebih stabil dan segar karena sudah di restart, oleh karena itu jangan terlalu sering di restart karena berdampak kurang baik terhadap hardware router.

Dari tips unik tingkatkan sinyak WiFi di atas sudah bisa kita lihat bahwa untuk mempercepat koneksi WiFi sangatlah mudah. Lakukan semua cara untuk mendapatkan koneksi internet lebih cepat sehingga aktivitas kamu lebih lancar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments