Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeASEANKuala Lumpur Diterjang Banjir Besar, Warga Malaysia Diminta Waspada

Kuala Lumpur Diterjang Banjir Besar, Warga Malaysia Diminta Waspada

Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah menggambarkan situasi banjir di ibu kota federal, Kuala Lumpur tadi malam (18/12) mirip dengan bencana banjir besar yang terjadi pada tahun 1971.

Al-Sultan Abdullah mengatakan setelah 50 tahun kejadian, warga Malaysia harus mengambil pelajaran dan bersiap menghadapi situasi banjir, terutama pada bulan Desember dan Januari.

Hal itu disampaikan Yang Mulia usai menjenguk korban banjir di posko pengungsian Sultan Sulaiman Club sekitar pukul 11.30 hari Minggu (19/12).

Dalam kunjungannya, Yang Mulia menyampaikan simpati kepada para korban dan berpesan agar mereka terus bersabar menghadapi masa sulit ini. Dan tetap menjaga kesehatan.

Al-Sultan Abdullah juga berharap pemerintah dapat memberikan bantuan terbaik kepada semua korban yang terlibat.

Sejumlah warga terlihat menerjang banjir di Batu Tiga, di sepanjang Jalan Raya Federal pada Sabtu (18/12) malam. Dokumentasi: Bernama

Beberapa ruas jalan raya di Klang Valley diblokir dan toll plaza ditutup sejak Sabtu (18 Desember) sore akibat hujan deras sejak Jumat (17 Desember) yang menyebabkan banjir dan memaksa pengendara mencari jalur alternatif.

Menurut platform Twitter Malaysian Highway Authority’s (@LLMinfotrafik), lokasi banjir antara lain: New Klang Valley Expressway (NKVE), North-South Expressway Central Link (Elite) dan plaza tol Shah Alam dan Bukit Raja.

Berdasarkan update pada pukul 18:07 Sabtu (18/12), banjir di KM8.3 selatan di NKVE dari Shah Alam ke Setia Alam telah memblokir semua jalur dan jalur keluar wajib telah dibuat di Subang toll Plaza.

Semua jalur di sini menuju utara di NKVE dari Setia Alam ke Shah Alam juga diblokir.

Selain itu, semua jalur ke northbound dan southbound di KM3.0 (Shah Alam/Seafield) di Elite diblokir dan pengendara harus mencari alternatif jalan lain.

Banjir di KM8.7 arah utara dari Setia Alam ke Shah Alam juga memaksa penutupan semua jalur masuk di Bukit Raja toll plaza sejak 15.36 dan di Shah Alam toll plaza sejak 14.29.

Di USJ, pengendara yang menuju Shah Alam dengan NKVE harus memutar ke Exit 104 Subang karena terendam banjir.

Selama observasi di Federal Highway, mereka melihat puluhan mobil terendam banjir menyusul hujan deras sejak Jumat sore (17/12).

Jalan Raja Muda Musa di Kampung Baru tergenang dan kemacetan terjadi di Jalan Kuching, Jalan Kinabalu, Jalan Sultan Azlan Shah, dan Jalan Ipoh.

Sungai Gombak juga hampir meluap.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments