Tuesday, April 30, 2024
spot_img
HomeInternationalGamelan Ditetapkan Warisan Budaya TakBenda UNESCO

Gamelan Ditetapkan Warisan Budaya TakBenda UNESCO

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa UNESCO sebagai badan PBB bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya TakBenda (Intangible Cultural Heritage) asal Indonesia.

Komite Konvensi Warisan Budaya TakBenda (WBTB) atau Intangible Cultural Heritage (ICH) dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizations (UNESCO) telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya TakBenda pada Rabu (15/12).

“Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO, di Paris. Badan PBB yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan telah menetapkan gamelan sebagai (Intangible Cultural Heritage) UNESCO”, kata Jokowi pada Kamis (16/12).

Jokowi menyebutkan bahwa gamelan telah lama menemani hari-hari rakyat Indonesia, dan sudah seharusnya dipelajari dan dikembangkan.

“Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi”, ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, menurut Jokowi, gamelan telah memberikan inspirasi terhadap musik di tanah air.

“Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia,” ujarnya.

“Indonesia terus melestarikan melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya,” tutur Jokowi.

Gamelan adalah alat musik tradisional yang sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya di Bali, Madura, dan Lombok. Alat musik ini diperkirakan sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi, dilihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.

UNESCO mencatat nilai filosofi Gamelan sebagai salah satu sarana ekspresi budaya dan membangun koneksi antara manusia dengan semesta. UNESCO juga mengakui bahwa Gamelan, yang dimainkan secara orkestra, mengajarkan nilai-nilai harmoni, saling menghormati, mencintai dan peduli satu sama lain.

Gamelan menjadi WBTB Indonesia ke-dua belas yang berhasil diinskripsi ke dalam daftar WBTB UNESCO. Sebelumnya, Indonesia telah menginskripsi sebelas elemen budaya lainnya sebagai WBTB UNESCO, yaitu

  1. Wayang (2008)
  2. Keris (2008)
  3. Batik (2009)
  4. Pendidikan dan Pelatihan Batik (2009)
  5. Angklung (2010)
  6. Tari Saman (2011)
  7. Noken (2012)
  8. Tiga Genre Tari Tradisional di Bali (2015)
  9. Seni Pembuatan Kapal Pinisi (2017)
  10. Tradisi Pencak Silat (2019)
  11. Pantun (2020)
  12. Gamelan (2021)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments