Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeViralsGunung Semeru Erupsi, Wedus Gembel Membumbung Tinggi!

Gunung Semeru Erupsi, Wedus Gembel Membumbung Tinggi!

Kejadian erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur kembali terjadi. Letusan gunung setinggi 3.676 tersebut membuat panik warga tepatnya di daerah lereng Semeru.

Bahkan banyak orang tidak mengira Gunung Semeru akan erupsi karena tidak memberi tanda-tanda sama sekali. Terlihat dari rekaman video amatir yang beredar di media sosial memperlihatkan banyak warga berusaha menyelamatkan diri dari rumah mereka.

Dari warga Desa Sumberwulung juga mengungsi karena terjadi erupsi Gunung Semeru. Semuanya terlihat ketakutan dan mengungsi. Dari keterangan seorang warga banyak masyarakat mengungsi dan merasa ketakutan karena awan panas begitu cepat membumbung tinggi.

Gunung Semeru memang beberapa kali sempat melakukan erupsi berskala kecil sehingga tidak terlalu membahayakan masyarakat di lereng gunung tersebut. Hanya saja dalam waktu cepat ini awan panas dari Gunung Semeru terus membumbung tinggi dan membuat warga panik.

Masyarakat terlihat berlarian keluar dan berlari menyelamatkan diri. Cukup banyak video beredar di media sosial memperlihatkan gulungan panas dengan suasana mencekam. Hal ini memberi peringatan kepada warga untuk bisa cepat mengungsi.

Melihat dari suasana letusan berdasarkan video yang beredar kemungkinan besar masyarakat harus mengungsi dengan radius minimal 5km bahkan lebih dari Gunung Semeru.

Beberapa sumber media juga menyebutkan dari tingkatan letusan gunung Semeru kali ini memang berbeda dari biasanya. Terlihat volume dari awan panas cukup besar dan memiliki ketinggian cukup maksimal dan kemungkinan besar akan memberi proses erupsi cukup panjang.

Terlihat dari video yang beredar banyaknya masyarakat mengungsi dari lereng gunung Semeru ini hingga akhirnya bisa menghindari suasana mencekam.

Letusan Gunung Semeru terjadi tepat jam 3 sore pada Sabtu 4/12/2021. kemudian dari pihak BPBD Kabupaten Lumajang telah melakukan pemantauan secara intensif, dan menyiagakan semua personelnya di sejumlah titik lokasi.

Gunung Semeru menjadi salah satu gunung tertinggi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sehingga saat terjadi erupsi pastinya menimbulkan hujan abu vulkanik dan juga memunculkan awan panas cukup banyak. Bisa dikatakan letusan Gunung Semeru saat kali ini cukup besar hingga mengeluiarkan awan pekat dan tebal.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments