Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeFoodMenu Masakan Ekstrim di Jawa Timur, Dijamin Bikin Ngiler

Menu Masakan Ekstrim di Jawa Timur, Dijamin Bikin Ngiler

Bicara soal hidangan kuliner ekstrim khas Jawa Timur tentu saja menawarkan banyak keunikan. Tidak jarang pecinta kuliner masih menginginkan hidangan terbaik dan pastinya dikatakan ekstrim karena menawarkan sebuah menu yang tidak lazim dikonsumsi ataupun cara pengolahannya yang berbeda.

Bahkan dari beberapa makanan ekstrim kuliner khas Jawa Timur dianggap populer di kalangan warga lokal. Mungkin selama ini Anda belum mencicipi hidangan khas Jawa Timur yang sebenarnya dapat memberi pengalaman baru saat mengkonsumsinya sebagai modal tepat dalam menjangkau sebuah hidangan kuliner berbeda pada umumnya.

Sate Biawak

Dalam menu makanan ekstrim pertama ada sate biawak khas Jawa Timur yang ternyata dianggap sebagai hidangan populer dan favorit.

Tidak hanya diolah menjadi hidangan sate saja, tetapi daging biawak ini bisa diolah ke dalam bentuk tongseng sesuai selera. Beberapa kalangan merasa yakin bahwa daging biawak ini bisa dikonsumsi dan dapat memberi manfaat bagi proses penyembuhan penyakit tertentu.

Botok Tawon

Selain dari sate biawak, ada menu botok Tawon yang mana digemari masyarakat Jawa Timur sebagai satu kuliner ekstrim.

Kota Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang banyak menghadirkan olahan Botok Tawon ini karena memang dibuat dari sarang lebah ataupun sering disebut sebagai sarang tawon.

Dari olahan sarang tawon ini dipotong menjadi ukuran kecil lalu dibungkus di satu daun pisang dan diberikan bumbu.

Meskipun terdengar ekstrim, ternyata menu masakan satu ini banyak digemari karena murah dan juga rasanya yang lezat.

Sambal Tumpang

Sambal Tumpang juga dikenal sebagai satu hidangan ekstrim dari Jawa Timur karena bahan utamanya dari tempe yang sudah mendekati busuk dan tambahan tempe masih kondisi bagus.

Nantinya tempe masih ditumis kembali dengan berbagai macam bumbu dapur, santan, kemudian penyedap rasa. Hasilnya bau khas dari tempe busuk saat disantap tercium kuat, kemudian dari daerah Jawa Timur yang terkenal dengan sajian hidangan Sambal Tumpang ini adalah kota Malang.

Didih

Menu makanan ekstrim lainnya bernama Didih. Sebenarnya Didih ini terbuat dari darah ayam, kambing, ataupun sapi yang pengolahannya dilakukan dengan metode kukus.

Selera masakan satu ini terbilang ekstrim karena memang bahan pembuatnya adalah darah. Sehingga bagi pecinta kuliner ekstrim bisa mencicipi hidangan menarik dan juga menakutkan ini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments