Tuesday, May 21, 2024
spot_img
HomeHealthKebiasaan Buruk Buat Ginjal Kamu Beresiko Sakit, Hindari Dari Sekarang

Kebiasaan Buruk Buat Ginjal Kamu Beresiko Sakit, Hindari Dari Sekarang

Banyak kasus penyakit ginjal diawali dari kebiasaan buruk menahun yang tidak dikontrol. Tidak sedikit penderita sakit ginjal sudah merasakan tanda-tanda ada masalah dari organ penyaring darah tersebut. Sehingga organ ginjal menjadi satu bagian penting yang perlu mendapat perawatan agar tidak sakit di usia lanjut.

Bahkan dari angka kematian karena gangguan ginjal masih cukup tinggi, sehingga banyak kepercayaan menyebutkan dari gangguan ginjal ini dikarenakan konsumsi alkohol berlebihan.

Namun, dari faktanya alkohol bukan menjadi salah satu penyebab kerusakan ginjal. Akan tetapi kebiasaan buruk masih berperan besar dalam potensi kerusakan ginjal.

Terlalu Banyak Konsumsi Protein

Secara tidak langsung kebiasaan buruk membuat sakit ginjal cenderung muncul adalah terlalu banyak konsumsi protein. Seperti halnya protein hewani masih memberi efek berupa asam dalam jumlah tinggi dalam darah. Sehingga kondisi darah akan memberi efek asidosis hingga memperlambat dari kinerja organ ginjal dalam bekerja.

Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi protein secara seimbang bukan hanya dari daging saja tetapi bisa dari buah dan sayuran.

Banyak Mengkonsumsi Garam

Bukan hanya protein saja, tetapi garam juga menjadi salah satu bahan makanan buruk bagi ginjal. Konsumsi tinggi garam dan terlalu banyak natrium masih meningkatkan tekanan darah pada waktunya dan akhirnya memberi pengaruh besar pada fungsi ginjal.

Pada kasus batu ginjal juga didapatkan konsumsi kadar garam terlalu tinggi sehingga ada baiknya Anda mengurangi konsumsi garam agar tidak berdampak buruk pada organ ginjal.

Terlalu Sering Memakai Obat Penghilang Rasa Sakit

Tentu saja kebiasaan buruk dari mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit justru bisa memberi efek pada organ ginjal. Memang ada manfaat dari mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi efek nyeri ataupun sakit. Namun saat digunakan dalam jangka panjang justru bisa memberi resiko kanker ginjal mencapai 50%.

Cukup Tinggi Dalam Mengkonsumsi Makanan Olahan

Berikutnya ada kebiasaan buruk berupa mengkonsumsi makanan olahan berasa manis yang juga menjadi faktor kenapa organ ginjal cepat mengalami penurunan fungsi kerja. Makanan olahan menjadi sumber utama natrium dan fosfor, sehingga dari dua zat tersebut menjadi pencetus adanya penyakit ginjal.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments