Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeSport5 Perbedaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

5 Perbedaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mendominasi sepak bola selama hampir dua dekade.

Rivalitas abadi, yang muncul pada pertengahan 2000-an, memiliki gabungan 11 penghargaan Ballon d’Or, 10 Sepatu Emas Eropa dan sembilan trofi Liga Champions UEFA.

Dua mega bintang itu memiliki rekor mencetak gol yang luar biasa. Mereka adalah pemain besar dan telah menjadi pembuat perbedaan bagi klub dan negara masing-masing selama bertahun-tahun. Lebih penting lagi, mereka telah merasakan kesuksesan di tingkat klub dan internasional sekaligus menjadikan keduanya yang terbaik di dunia.

Walaupun memiliki tingkat kesuksesan yang serupa dalam hal permainan, Messi dan Ronaldo sebenarnya tidak terlalu memiliki banyak kesamaan. Ada banyak hal yang membedakan duo ikonik tersebut, dan 5 diantaranya adalah sebagai berikut:

Gaya bermain

Satu hal besar yang membedakan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo satu sama lain adalah gaya bermain. Selama bertahun-tahun, keduanya menggunakan teknik berbeda untuk memengaruhi permainan.

Ronaldo adalah penyerang langsung, cepat dan tajam yang dapat melukai pertahanan lawan dalam waktu singkat berkat kecepatan dan fisiknya yang luar biasa. Mantan pemain sayap Real Madrid itu berkembang pesat ketika ditempatkan di sayap kiri, dimana dia bisa memotong arah bola dan melepaskan tembakan keras.

Sementara itu, Messi memiliki gaya yang lebih teknis. Mantan kapten Barcelona ini mengandalkan kemampuannya untuk membangun permainan, menggiring bola melewati para pemain lawan dan membelah pertahanan dengan visinya yang luar biasa dan keterampilan passing yang sempurna. Dia juga memotong bola ke dalam kotak penalti lawan tetapi dari sayap kanan dan menembak dengan akurasi yang luar biasa.

Kemampuan finishing/gaya menyerang

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan dua dari finishers terhebat yang pernah ada dalam sepak bola. Sejujurnya, angka mungkin tidak cukup untuk membedakan keduanya.

Bintang asal Portugal itu memiliki jumlah gol yang lebih baik dibandingkan Messi. Tapi nama yang terakhir memiliki rasio gol per pertandingan yang lebih baik, dan mereka telah mencetak lebih dari 700 gol dalam karir masing-masing. Satu hal yang terbukti adalah Ronaldo lebih sebagai seorang finisher sementara Messi berkembang baik dalam membuka permainan.

Ronaldo beroperasi sebagai predator di dalam kotak penalti dan memanfaatkan peluang, sementara Messi sesekali turun ke lapangan tengah untuk menciptakan peluang bagi timnya. Fakta bahwa Ronaldo memiliki lebih banyak gol dalam karir dan Messi lebih banyak membantu karir di antara keduanya mungkin cukup menjelaskan.

Kemampuan kaki yang lemah

Inilah salah satu perbedaan paling mencolok antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Satu mengandalkan kaki kirinya untuk merobek pertahanan lawan, sementara yang lain mahir dengan kedua kakinya.

Lionel Messi bisa dibilang memiliki kaki kiri terbaik di dunia sepak bola, tetapi kaki kanannya jauh tertinggal dalam hal efektivitas. Menurut statistik, penyerang PSG itu mencetak delapan dari 10 gol dengan kaki kirinya, sementara dia hanya mencetak satu dari delapan gol dengan kaki kanannya.

Di sisi lain, Cristiano Ronaldo berkembang dengan kaki kanannya yang lebih kuat hampir sama baiknya dengan kaki kirinya yang lebih lemah. Secara statistik, pemain Portugal itu telah mencetak 790 gol dalam karirnya, dengan 145 gol dari kaki kirinya.

Kemampuan di udara

Ronaldo memiliki kemampuan melompat yang luar biasa yang membuatnya menjadi ancaman serius bagi para pemain bertahan lawan setiap kali bola ada di udara. Mantan maestro Real Madrid itu telah mencetak beberapa gol sundulan terindah yang pernah ada dalam sepak bola.

Secara statistik, Lionel Messi telah mencetak 26 gol melalui sundulan dalam karirnya, sementara Cristiano Ronaldo telah melakukannya 137 kali. Itu menjelaskan perbedaan dalam kekuatan udara duo mega bintang ini.

Kerja tim

Ketika menganalisis bagaimana Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo beroperasi untuk tim masing-masing, jelas mereka berbeda satu sama lain. Kerja sama tim Argentina begitu jelas sehingga tidak perlu berpikir kritis untuk menyadari bahwa Messi lebih dari seorang pemain tim.

Messi adalah seseorang yang menghubungkan titik-titik di lapangan untuk membantu tim berkembang. Dia turun jauh untuk mengatur permainan timnya sebelum bergerak maju untuk bertukar umpan dengan penyerang dan mengecoh tim lawan.

Bagaimanapun, Cristiano Ronaldo merupakan pemain individu yang mampu melakukan pertunjukan sendiri bahkan jika timnya bermain buruk. Tidak seperti Messi, bintang Manchester United itu kurang terlibat dalam membangun permainan, karena dia menghabiskan banyak waktu di sekitar kotak penalti lawan. Namun, Ronaldo selalu siap untuk membuat perbedaan di depan gawang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments