Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeBUMNPengaspalan Lintasan Utama Mandalika International Street Circuit Telah Selesai

Pengaspalan Lintasan Utama Mandalika International Street Circuit Telah Selesai

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah merampungkan pengaspalan lintasan utama “main track” Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang menjadi lintasan sirkuit internasional Mandalika. Sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer ini berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

ITDC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia dan sekaligus menjadi pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Direktur Utama ITDC atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) Abdulbar M Mansoer mengatakan penyelesaian pengaspalan menjadi hari bersejarah bagi ITDC dan bangsa Indonesia.

Penyelesaian Mandalika International Street Circuit dengan 17 tikungan, kata dia, merupakan kado atau persembahan ITDC untuk Indonesia dalam menyambut HUT RI-Ke 76 yang diperingati pada 17 Agustus.

“Penyelesaian pengaspalan ini juga menunjukkan hasil dari kerja keras dan kerjasama kita semua dalam mewujudkan mimpi kita untuk menghadirkan sirkuit kelas dunia,” ujarnya, Minggu 15 Agustus 2021.

Abdulbar menyatakan, pekerjaan penghamparan aspal pada main track menggunakan 3 unit alat finisher dengan teknologi satelit yang menjamin kualitas permukaan dan kemiringan sesuai desain, serta diawasi langsung oleh tenaga profesional. Hal ini menjadikan Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu sirkuit yang bisa menawarkan kecepatan 330 km per jam dengan tetap memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pembalap.

Penyelesaian pekerjaan pengaspalan lintasan utama ini ditandai dengan seremoni yang digelar di area tikungan 2 dan 3 Mandalika International Street Circuit yang dihadiri Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan jajaran forkopimda NTB, Asisten Deputi Parekraf Kemenkomarves Sartin Hia, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer beserta jajaran Direksi ITDC, Direktur Operasi Infrastruktur PT PP, Yul Ari Pramuraharjo, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dan Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo di The Mandalika, hari ini.

Saat ini, ITDC terus mengejar pembangunan tunnel, fence, bangunan medical center, dan race control building. Total nilai proyek JKK/ Mandalika International Street Circuit ini mencapai Rp. 1,3 Triliun.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments