Tuesday, July 16, 2024
spot_img
HomeInternationalJokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan Rp18 Miliar untuk Papua Nugini

Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan Rp18 Miliar untuk Papua Nugini

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan senilai Rp18 miliar untuk mendukung penanganan bencana tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini. Pelepasan bantuan itu dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin (8/7/2024).

Bantuan tersebut disalurkan setelah Pemerintah Papua Nugini meminta dukungan internasional untuk mempercepat penanganan darurat bencana. Presiden menyampaikan bahwa ini adalah bentuk simpati dan solidaritas Indonesia terhadap negara yang mengalami bencana alam.

“Sudah menjadi komitmen Indonesia untuk menjadi laboratorium bencana dunia, tidak hanya sebagai tempat bertukar pengetahuan tetapi juga sebagai pendukung aktif bagi negara-negara yang membutuhkan,” kata Joko Widodo pada Senin (8/7/2024).

Bantuan senilai Rp18 miliar itu terdiri dari 80,5 ton barang, termasuk tenda, genset, obat-obatan, peralatan kebersihan, serta makanan dan perlengkapan lainnya. Presiden berharap bantuan ini dapat membantu Papua Nugini untuk segera pulih.

Bantuan obat-obatan dari Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) juga turut disalurkan, mencakup paket makanan tambahan dan peralatan medis untuk mendukung kebutuhan kesehatan dasar.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, memimpin misi pengiriman bantuan ini yang melibatkan delegasi dari berbagai kementerian dan awak media. Bantuan akan diterima secara simbolis oleh perwakilan Papua Nugini di KBRI Port Moresby pada Selasa (9/7/2024).

Selain Papua Nugini, Pemerintah Indonesia juga mengirimkan bantuan serupa ke Afghanistan untuk mendukung pemulihan pasca gempa bumi pada Oktober 2023. Pengiriman bantuan ke Afghanistan dijadwalkan bersamaan dengan Papua Nugini pada 15 Juli 2024 mendatang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments