Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeBUMNTerbesar se-ASEAN, PLTGU Jawa-1 Kapasitas 1760 MW Siap Beroperasi Penuh

Terbesar se-ASEAN, PLTGU Jawa-1 Kapasitas 1760 MW Siap Beroperasi Penuh

INAKINI.COM – Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 dengan kapasitas 1760 MW siap beroperasi secara penuh. PLTGU itu telah melewati serangkaian tes seperti plant reliability run dan net dependable capacity test pada Jumat (29/3/2024).

Pertamina menyebut PLTGU Jawa-1 sebagai “pembangkit integrated terbesar di Asia Tenggara yang dilengkapi dengan regasification system.”

PLTGU Jawa-1 dikelola oleh PT Jawa Satu Power (JSP) yang dimiliki oleh konsorsium antara Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dengan kepemilikan 40 persen, Marubeni 40 persen, dan Sojitz 20 persen.

CEO Pertamina NRE John Anis mengungkapkan apresiasinya yang luar biasa kepada seluruh jajaran manajemen dan perwira JSP atas dedikasi dan kerja keras yang luar biasa dalam menyelesaikan mega proyek ini.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada manajemen dan perwira JSP yang menunjukkan kesabaran, persistensi dan determinasi yg luar biasa dalam menghadapi tantangan hingga akhirnya bisa mewujudkan momen yang sangat krusial ini,” kata John Anis pada Sabtu (30/3).

“Dukungan dari semua pihak terus diharapkan agar PLTGU Jawa-1 dapat menunjukkan operational excellence dan bisa membawa manfaat optimal bagi Pertamina dan NKRI,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa dengan semua keunikan instalasinya, PLTGU Jawa-1 bisa menjadi salah satu pilar transisi energi yang menjadi kebanggaan Pertamina maupun Indonesia.

PLTGU Jawa-1 merupakan pembangkit Listrik yang mengintegrasikan floating storage and regasification unit (FSRU) dengan unit pembangkit listrik berkapasitas 1760 MW yang terdiri dari 2 unit pembangkit dengan masing-masing kapasitas 880 MW.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments