Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeNewsImigrasi Umumkan Paspor Indonesia Akan Ganti Warna Per-17 Agustus

Imigrasi Umumkan Paspor Indonesia Akan Ganti Warna Per-17 Agustus

INAKINI.COM – Dirjen Imigrasi – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Silmy Karim mengatakan desain Paspor Republik Indonesia akan diubah. Warna Paspor akan diganti dengan warna khas Indonesia.

“Yang jelas ubah design, selain kaitan peningkatan security, juga menggunakan warna khas Indonesia,” kata Silmy Karim pada Jumat (29/3/2024).

Silmy Karim tidak membocorkan warna apa yang dipilih. Dia mengatakan perubahan itu akan dirilis pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia.

“17 Agustus 2024 nanti kita launch design-nya,” katanya.

Desain paspor yang baru akan terbit setahun setelah peluncuran. “Terbit pertama di 17 Agustus 2025,” katanya.

Lebih lanjut, Silmy mengatakan bahwa perubahan warna paspor ini nantinya bertujuan untuk menghindari pemalsuan. Ia juga menuturkan bahwa paspor memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada uang kertas yang beredar.

Pada uang biasa, bahan pencetaknya akan menggunakan tinta seperti tinta UV dan tinta intaglio, kertas, pita pengamanan, tanda air, dan teknologi hologram.

“Sementara di paspor, selain pengamanan yang ada di uang kertas, ditambahkan juga chip elektronik yang memuat data biometrik dan teknik dalam mencetak (perso),” jelasnya.

Terkait dengan perkembangannya, ia mengatakan bahwa saat ini masih dalam tahap desain. Lebih lanjut, Silmy mengungkapkan bahwa paspor dengan warna baru direncanakan akan terbit satu tahun setelah desain baru resmi diumumkan.

Diketahui, saat ini Paspor RI memiliki sampul berwarna biru muda atau tosca untuk paspor umum. Sementara untuk paspor kedinasan berwarna biru, dan paspor diplomatik bersampul hitam.

Di sampul Paspor RI, tergambar lambang burung Garuda berwarna emas. Per Januari 2020, paspor Indonesia mendapat akses bebas visa dan visa saat kedatangan ke 85 negara dan teritori.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments