Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeFinanceDigipay Optimalkan Pengelolaan Kas Negara dan Kembangakan UMKM

Digipay Optimalkan Pengelolaan Kas Negara dan Kembangakan UMKM

INAKINI.COM – Penggunaan teknologi dalam pengelolaan keuangan negara turut berubah mengikuti zaman, karena teknologi digital mampu meningkatkan kecepatan, efisiensi, serta efektivitas pengelolaan keuangan negara.

Pemerintah mengembangkan digitalisasi sistem pembayaran dan menerapkan berbagai fitur digital payment dalam pelaksanaan APBN. Pengelolaan keuangan negara yang lebih baik diyakini akan mendorong meningkatnya kualitas layanan publik dan manfaat APBN.

Bentuk modernisasi dan digitalisasi sistem pembayaran pemerintah antara lain:

  1. Peralihan transaksi tunai menjadi nontunai
  2. Transaksi fisik lewat teller bank menjadi transaksi perbankan secara elektronik
  3. Pelaporan berbasis kertas menjadi digital
  4. Sistem informasi yang terintegrasi

Upaya digitalisasi ini tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Pada awalnya, Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) – Kementerian Keuangan Indonesia (Kemenkeu) mengembangkan Treasury Single Account (TSA) sebagai rekening tunggal untuk menampung penerimaan dan membayar pengeluaran negara.

Lebih lanjut, DJPb mengembangkan Treasury Dealing Room (TDR), Modul Penerimaan Negara (MPN), serta penerapan Virtual Account (VA) untuk simplifikasi pengelolaan rekening. Saat ini, pemerintah juga telah membangun platform Digital Payment-Marketplace (Digipay).

Platform Digipay menggabungkan aktivitas pengadaan barang/jasa, pembayaran, pelaporan, dan perpajakan dalam satu ekosistem. Implementasi Digipay ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan negara dan mendukung UMKM sebagai penyedia barang/jasa.

Dengan adanya Digipay, UMKM dapat memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi vendor dalam memenuhi kebutuhan pemerintah, baik pusat maupun daerah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments