Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeBUMNErick Thohir Angkat Maruli Simanjuntak Jadi Komisaris Utama PT Pindad

Erick Thohir Angkat Maruli Simanjuntak Jadi Komisaris Utama PT Pindad

INAKINI.COM – Menteri BUMN, Erick Thohir mengangkat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komisaris Utama PT Pindad.

Pengangkatan tersebut ditandai dengan penyerahan Salinan Surat Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Len Industri Selaku Para Pemegang Saham PT Pindad.

Acara penyerahan yang digelar di Auditorium PT Pindad Bandung pada Senin (22/1/2024) itu dibuka oleh Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Bobby Rasyidin.

Pengangkatan serta pemberhentian tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN nomor : SK-16/MBU/01/2024 dan keputusan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Len Industri Selaku Para Pemegang Saham PT Pindad nomor: 001/KRUPS/LEN-PINDAD/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT Pindad.

Dalam surat tersebut tertuang keputusan memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI (Purn.) Dudung Abdurachman sebagai Komisaris Utama.

Tertulis pula keputusan mengangkat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komisaris Utama PT Pindad yang baru.

Serta memberhetikan dengan hormat Jaleswari Pramodhawardani sebagai Komisaris PT Pindad.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo dalam kesempatan itu mengucapkan kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang telah dilantik sebagai Komisaris Utama PT Pindad.

Ia turut mengucapkan terima kasih atas segala sumbangsih yang diberikan Jenderal TNI (Purn.) Dudung Abdurachman selama dua tahun menjadi Komisaris Utama PT Pindad.

Dalam arahannya, ia menyampaikan, BUMN di Indonesia didesain sebagai agen pembangunan di berbagai sektor serta menghasilkan keuntungan.

Dalam konteks pengembangan, BUMN bersama dengan pemerintah bisa membangun kapabilitas pengembangan industri pertahanan jangka panjang.

Jadi bukan hanya produk hilirnya saja, tetapi juga sampai ke hulunya.

“Tentunya dengan kehadiran Pak Maruli sebagai komut kedepannya dapat membentuk rancang bangun industri pertahanan khususnya di Angkatan Darat untuk lima tahun kedepan, kita bisa kembangkan bersama proses litbangnya.

“Selain itu pastikan juga Pindad berada dalam kondisi yang sehat supaya kedepannya kita bisa berfokus menghasilkan bisnis-bisnis dengan laba baik.

“Saat ini BUMN diminta Menhan untuk perencanaan strategis jangka panjang di industri pertahanan yang memang match dengan Kemhan di tiga matra.

“Diharapkan nanti industri pertahanan menjadi salah satu industri manufaktur terbesar di Indonesia.

“Harapan kami agar Pindad dapat menjadi besar, menjadi partner untuk industri pertahanan Indonesia dan membangun industri manufaktur yang kuat untuk bangsa Indonesia kedepan,” ungkap Kartika Wirjoatmodjo pada Selasa (23/1/2024).

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga menyampaikan rasa bangganya terhadap Medium Tank Harimau.

Menurutnya, produk terbaru PT Pindad hasil kerja sama dengan FNSS Turki itu masih bisa ditingkatkan unsur TKDN-nya.

Kementerian BUMN berkomitmen untuk membangun industri pertahanan yang sehat, berdaya saing dan berwawasan global.

Maruli Simanjuntak menyatakan antusiasmenya untuk ikut serta berperan dalam mengembangkan PT Pindad. Banyak hal yang kedepannya akan dikembangkan bersama antara Litbang AD dengan PT Pindad.

“Saya menyukai litbang, di internal Angkatan Darat banyak melakukan litbang. Nantinya bisa kita kolaborasikan, kembangkan bersama dengan PT Pindad. Mudah-mudahan kehadiran saya dapat membantu banyak serta berkontribusi aktif. Saya juga mohon bimbingan untuk Pak Dudung dalam menjalankan peran sebagai Komisaris Utama ini,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mewakili jajaran Direksi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih atas segala dedikasi dan sumbangsih yang diberikan oleh Jenderal TNI (Purn.) Dudung Abdurachman yang telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Komisaris Utama di PT Pindad. Abraham Mose juga menyampaikan selamat bergabung kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak selaku Komisaris Utama yang baru. Abraham kemudian menyampaikan rasa bangga atas kunjungan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan menyebutkan bahwa dukungan dan atensi pemerintah telah mendukung PT Pindad untuk terus berkembang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments