Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeASEANPangeran Abdul Mateen Sah Jadi Suami Anisha Rosnah

Pangeran Abdul Mateen Sah Jadi Suami Anisha Rosnah

INAKINI.COM – Pangeran Abdul Mateen akhirnya sah menjadi suami Anisha Rosnah setelah akad nikah dilaksanakan siang pada Kamis (11/1/2024).

Upacara pernikahan Islami pangeran berusia 32 tahun dan Yang Mulia Anisha Rosnah, 29, diadakan di dalam masjid berkubah emas, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam di ibu kota Bandar Seri Begawan.

Pangeran Mateen adalah putra Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, salah satu bangsawan terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih hampir $28 miliar—dibuktikan dengan beberapa jet miliknya, ratusan Rolls Royce dan Ferrari, serta sebuah istana dengan 1.700 kamar. Pangeran Mateen, pewaris takhta keenam, adalah putra keempat dan anak ke-10 Sultan.

“Prince Mateen and Dayang Anisha Rosnah are a married couple today. Alhamdulillah. Allah Peliharakan Pengantin Diraja ♥️(Pangeran Mateen dan Dayang Anisha Rosnah sudah resmi menikah hari ini. Alhamdulillah Allah menjaga Pengantin Diraja,” tulis akun Instagram @ tmski.updates dalam unggahannya, Kamis (11/2/2024).

Dalam unggahan itu, Pangeran Mateen terlihat memakai busana berwana putih dengan benang perak, dipadukan dengan penutup kepala putih. Ia duduk di hadapan penghulu mengucapkan ijab qabul dengan lancar, meski raut wajahnya terlihat tegang.

“Saya terima nikahnya dengan mahar 1.000 ringgit tunai,” ucapnya sembari menjabat tangan. Bila dirupiahkan, mahar itu nilainya setara dengan Rp11,725 juta.

Mateen tiba di masjid tempat akad nikah dengan menggunakan mobil Rolls Royce hitam. Ia terlihat memasuki masjid lalu duduk dan mengucapkan janji nikah. Setelah itu, ia terlihat bersalaman dengan keluarganya, termasuk dengan ayahnya, Sultan Brunei Hasanal Bolkiah. Sementara, sosok Anisha belum terlihat dalam sederet unggahan video maupun foto di akun tersebut.

Sebelum resmi menikah, Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah menjalani prosesi adat berusia ratusan tahun du Brunei Darussalam. Pangeran berusia 32 tahun itu adalah putra Sultan Brunei, sedangkan Anisha adalah cucu salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa.

Pada Rabu, 10 Januari 2023, hari keempat dari 10 hari perayaan pernikahan mereka, diadakan upacara pembedakan atau Istiadat Berbedak dalam bahasa lokal. Di kesempatan itu, kedua calon pengantin tampil memesona mengenakan busana kreasi songket Brunei berwarna merah keemasan.

Aksesori serba emas nan serasi, termasuk headpiece Anisha, pun melengkapi penampilan pasangan tersebut. Momen itu salah satunya dibagikan desainer Malaysia, Teh Firdaus, yang juga merancang pakaian calon mempelai wanita di acara pengajian khatam AlQuan, awal pekan ini.

Sementara itu, Istiadat Berbedak merupakan tradisi dalam budaya Melayu dan Brunei yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun. Dalam rangkaiannya, calon pengantin akan diberkati anggota keluarga mereka yang mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka, seperti dikutip dari The National News, Kamis (11/1/2024).

Agenda perayaan pernikahan akan berlangsung selama 10 hari.

Perayaan akan dimulai dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja, atau lamaran kerajaan, pada 7 Januari.

Upacara Islam untuk melangsungkan pernikahan, yang dikenal sebagai akad nikah, akan dilaksanakan pada 11 Januari.

Puncak perayaan 10 hari tersebut adalah Majlis Bersanding Pengantin Diraja, atau resepsi pernikahan kerajaan, yang berlangsung di Istana Nurul Iman pada 14 Januari. Pasangan kerajaan kemudian akan melakukan prosesi melalui ibu kota Bandar Seri Begawan.

Perjamuan akan diadakan untuk mengakhiri perayaan pernikahan pada malam tanggal 15 Januari.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments