Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeHealthDosis Kelima Vaksin Covid-19 Mulai Diberikan ke Masyarakat

Dosis Kelima Vaksin Covid-19 Mulai Diberikan ke Masyarakat

INAKINI.COM – Penyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis kelima sudah mulai diselenggarakan pada Minggu (17/12) di area Car Free Day Jakarta.

Setidaknya terhitung dalam pukul 07.00-10.00 WIB sekitar 143 orang telah tervaksinasi. Dengan memberikan sebuah rincian, Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dan Imunisasi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama menjelaskan rata-rata penyuntikan vaksinasi dilakukan pada vaksin dosis keempat dengan 200 dosis per hari.

Dosis 1 sebanyak 1 orang, dosis 3 sebanyak 20 orang, dosis 4 sebanyak 70 orang, dan dosis 5 sebanyak 52 orang, total masyarakat tervaksin 143 orang, kata Ngabila, dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (17/12).

Adapun merk vaksin yang tersedia saat ini yaitu Inavac dan Indovac dan merupakan vaksin lokal buatan dalam negeri, dengan telah tersertifikasi halal dan juga MUI. Sehingga vaksin ini sangat aman untuk diberikan dan juga berkualitas.

Di sisi lain, Ngabila Salama menuturkan untuk merk vaksin tidak perlu memilih-milih, karena merk apapun yang tersedia bisa untuk disuntikkan baik pada dosis 1,2,3,4, ataupun 5 tanpa melihat merk vaksin yang disuntikkan sebelumnya. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah jarak antar vaksin saat disuntikkan.

Jarak dosis tiga ke dosis keempat selama enam bulan, dan dosis keempat ke dosis kelima adalah enam bulan juga. Jeda dengan vaksin merk lain bisa 14 hari dan bisa diberikan 28 hari sesudah sembuh dari Covid-19, ucap Ngabila.

Oleh karena itu, Ngabila mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 terutama pada usia 18 tahun keatas. Karena saat ini vaksin Covid-19 masih gratis dan memiliki ketersediaan yang banyak sehingga cukup untuk masyarakat Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments