Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeTechnologyAlasan Elon Musk Rebranding Logo Twitter menjadi X "Everything App"

Alasan Elon Musk Rebranding Logo Twitter menjadi X “Everything App”

INAKINI.COM – Jauh sebelum Elon Musk membeli Twitter Inc. senilai $44 miliar tahun 2022, dia berbicara tentang membangun layanan menyeluruh yang disebut “X”.

Dengan gaya Musk yang khas, konsepnya ekspansif dan tidak berbentuk. Kemudian selama akhir pekan di bulan Juli 2023, Elon Musk memulai usaha itu dengan tiba-tiba mengubah nama dan logo platform media sosial yang berpengaruh ‘Twitter’. Sekarang dijuluki ‘X’, ini adalah awal dari visi miliarder untuk mengubah Twitter menjadi apa yang dia sebut “Everything Apps (aplikasi segalanya)”.

  1. Mengapa Twitter melakukan rebranding menjadi X?

Elon Musk ingin mengembangkan situs media sosial dari layanan perpesanan publik menjadi sesuatu yang lebih luas, termasuk toko serba ada untuk layanan keuangan (financial services). Nama asli dan logo burung biru masuk akal ketika layanan itu hanya 140 karakter, “seperti tweet burung,” katanya. “X adalah keadaan masa depan dari interaktivitas tanpa batas — berpusat pada audio, video, perpesanan, pembayaran/perbankan — menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang,” kata Chief Executive Officer (CEO) Linda Yaccarino. Tidak ada produk spesifik yang diumumkan, jadi tidak jelas bentuknya seperti apa.

  1. Dari mana nama ‘X’ berasal?

Elon Musk telah menunjukkan kedekatan pribadi dengan huruf X. Pertimbangkan bahwa pembuat mobil listriknya Tesla Inc. membuat Model X, pembuat roketnya dikenal sebagai SpaceX dan X adalah apa yang dia sebut putranya dengan penyanyi Grimes, yang nama sebenarnya termasuk simbol. Dia telah membandingkan ambisinya untuk Twitter dengan visi yang dia miliki untuk entitas lain bernama X.com, sebuah perusahaan jasa keuangan yang dia dirikan pada tahun 1999 yang akhirnya menjadi PayPal Holdings Inc.
Ketika dia menjadi CEO, Elon Musk ingin memperluas platform dan menghapus nama PayPal, langkah yang akhirnya menyebabkan pemecatannya. Pada bulan Oktober, Musk men-tweet bahwa membeli Twitter adalah “percepatan” untuk membuat X.

  1. Apa itu “Everything Apps (aplikasi segalanya)”

Idenya adalah untuk mengkonsolidasikan dan memaketkan berbagai layanan ke dalam aplikasi yang menangani sebagian besar kebutuhan pengguna di ponsel mereka. Di Cina, WeChat oleh Tencent Holdings Ltd. berfungsi secara efektif sebagai sistem operasinya sendiri, memenuhi segalanya mulai dari pembayaran digital dan pesanan pengiriman makanan hingga pemesanan penerbangan, hiburan, dan janji dengan dokter gigi. Dalam tweet 24 Juli 2023, Elon Musk mengatakan bahwa dalam beberapa bulan mendatang Twitter akan menambahkan “komunikasi komprehensif dan kemampuan untuk menjalankan seluruh dunia keuangan Anda”. Dia tidak memberikan detailnya, tetapi Musk secara terbuka mengagumi WeChat, yang telah berkembang menjadi internet mini yang digunakan setiap hari oleh lebih dari satu miliar orang China.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments