Monday, June 24, 2024
spot_img
HomeSportErick Thohir Jadi Ketua Komite Wasit PSSI

Erick Thohir Jadi Ketua Komite Wasit PSSI

INAKINI.COM – Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan dirinya akan memimpin langsung divisi perwasitan kompetisi sepak bola Indonesia sebagai Ketua Komite Wasit.

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya intervensi dari komite-komite lainnya demi meningkatkan kualitas sepak bola nasional. Maka dari itu. ia turun tangan langsung sendiri mengurus soal perwasitan.

“Komite wasitnya itu dipimpin saya sendiri, supaya tidak ada intervensi nanti. Komite-komite lain yang akan diumumkan kita lagi bicara satu dan lainnya,” kata Erick di Danareksa, Jakarta, Rabu (5/7).

Ia menjelaskan komitmennya sebagai komite wasit agar dapat bertindak langsung menangani hal-hal yang buruk dalam dunia perwasitan sepak bola Indonesia.

“Jadi komite wasit saya pimpin sendiri. Kalau ada yang aneh-aneh kan bisa dihukum seumur hidup langsung. Karena memang komitmennya seperti itu kan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Erick kembali menyinggung soal hukuman seumur hidup bagi pelanggar. Tak hanya dihukum seumur hidup, para pelaku juga akan dibawa ke meja hukum agar dapat hukuman pidana.

“Ketika saya bertemu pak Kapolri, ada dua proseskan, kalau di pihak kepolisiannya berbeda kalau di PSSI dihukum seumur hidup untuk wasit, pemain, pengurus, maupun pemilik [klub],” katanya.

“Karena kalau cuma dihukum penjara dua, tiga tahun nanti balik lagi [mengatur sepak bola Indonesia]. Tapi kalau [dihukum] seumur hidup ga boleh di bola gatal-gatal itu,” ucapnya menjelaskan.

Sebelumnya dan biasanya Komite Wasit dipegang anggota Komite Eksekutif (Exco). Baru kali ini Ketua Umum PSSI turun tangan langsung mengemban amanah sebagai Ketua Komite Wasit.

Soal dugaan adanya praktek suap dalam tes wasit Liga 1 dan Liga 2 beberapa waktu lalu, Erick membantah. Namun ia tidak menutup mata jika memang ada bukti praktek suap menyuap.

“Kalau ada kasih saya, nanti saya gigit sendiri. Karena yang pasti itu sudah ada pengawasan dari Jepang. Tapi kalau ada kasih saya, biar saya gigit. Mumpung komite wasit,” kata Erick.

Pada tahun ini, PSSI bekerja sama dengan Japan Football Association (JFA) untuk meningkatkan kualitas wasit yang bertugas di kompetisi Liga 1 2023/2024.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments