Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeASEANKemenko PMK Terima Peserta ASN Timor-Leste Magang di Indonesia

Kemenko PMK Terima Peserta ASN Timor-Leste Magang di Indonesia

INAKINI.COM – Indonesia mengundang 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor Leste mengikuti program magang, sebagai bagian dari capaian prioritas hasil atau deliverable keketuaan Indonesia dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada 2023.

Ke-30 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor Leste itu akan melaksanakan magang selama enam bulan pada Juni hingga November 2023 di kementerian/lembaga nasional pengampu badan sektoral ASEAN.

Salah satu tahap kerja sama bilateral dilakukan yakni merencanakan program magang bagi puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor-Leste untuk berlatih di sejumlah instansi pemerintahan Indonesia di tahun ini.

Staf Ahli Bidang Penguatan Stabilitas Politik dan Pemerintahan – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Kemenko PMK) Sorni Paskah Daeli mengatakan bahwa penyelenggaraan program magang tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ASN Timor-Leste mengenai mekanisme dan tata kerja Pilar Sosial Budaya ASEAN.

“Program magang ini merupakan bentuk dukungan Indonesia kepada Timor-Leste, diharapkan para ASN Timor-Leste dapat memahami mekanisme dan tata kerja sebagai bagian dari persiapan menuju keanggotaan penuh ASEAN,” Ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Penerimaan Program Magang ASN Timor-Leste di Kemenko PMK pada Jumat (16/6).

Nantinya sebanyak 30 ASN asal Timor-Leste melaksanakan program magang di Indonesia. Mereka akan bekerja dan belajar mengenai sistem birokrasi di Indonesia yang terbagi menjadi dua gelombang yaitu mulai dari 16 sampai 18 Juni 2023 dan 30 Juni – 12 Juli 2023.

Lebih lanjut, ia juga berharap para ASN Timor-Leste dapat memperluas jejaring profesional dan meningkatkan keahlian substantif terkait Pilar Sosial Budaya ASEAN maupun soft skill seperti kemampuan manajerial, mengorganisasikan pertemuan, dan aktivitas ASEAN lainnya.

“Kami berharap program ini dapat meningkatkan kapasitas rekan-rekan Timor-Leste, baik dari aspek kelembagaan maupun SDM. Kami akan dengan senang hati berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan Saudara sekalian sehingga jangan sungkan untuk berdiskusi dengan kami,” Tuturnya.

Setelah pembukaan, para ASN tersebut mengunjungi kedeputian yang ada di Kemenko PMK untuk berdiskusi mengenai tugas dan fungsi yang di jalankan oleh masing-masing kedeputian. Mereka juga dikenalkan dengan fasilitas apa saja yang ada di Kemenko PMK.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments