Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeASEAN42nd ASEAN Summit Dimulai dengan Tiga Rangkaian Pertemuan pada 9 Mei 2023

42nd ASEAN Summit Dimulai dengan Tiga Rangkaian Pertemuan pada 9 Mei 2023

INAKINI.COM – Tiga rangkaian pertemuan 42nd ASEAN Summit 2023 atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN pada Selasa (9/5) akan dimulai dengan tiga pertemuan.

Pertemuan pertama adalah pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN atau ASEAN Foreign Minister Meeting di Hotel Ayana, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam pertemuan tersebut akan membahas pembangunan komunitas ASEAN sebagai tindak lanjut dari kesepakatan para pemimpin negara Asia Tenggara dalam implementasi lima poin konsensus dan kerja sama mitra.

Sekjen ASEAN Dr Kao Kim Hourn juga menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia pagi ini menjelang KTT ASEAN ke-42 dan Pertemuan Terkait.

Pertemuan kedua, digelar juga ASEAN Political-Security Community (APSC) Council Meeting ke-26. Cetak biru pilar politik dan keamanan ASEAN 2025. Pertemuan akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamananan Mahfud MD dengan Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi.

Cetak biru itu menjadi panduan bagi anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk meningkatkan kerja sama mewujudkan masyarakat ASEAN yang aman dan damai.

Pertemuan ketiga, ASEAN Coordinating Council (ACC) Meeting ke-33. Pertemuan tersebut akan membahas berbagai isu mengenai penguatan kapasitas ASEAN, peta jalan Timor-Leste, dan berbagai isu lainnya untuk di bawa dalam pertemuan tingkat kepala negara KTT ASEAN Summit ke-42.

Khusus, dalam pertemuan ACC, Pemerintah Indonesia akan membantu keanggotaan Timor Leste sebagai anggota penuh ASEAN, salah satunya dengan penyesuaian perjanjian di bidang ekonomi, sosial budaya dan politik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments