Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeSportProses Audit Awal EY: Pembukuan Keuangan Tidak Tercatat pada Periode 2017-2019

Proses Audit Awal EY: Pembukuan Keuangan Tidak Tercatat pada Periode 2017-2019

INAKINI.COM – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan kantor akuntan publik, Ernst & Young (EY) terus melakukan audit terhadap keuangan PSSI sejak kurang lebih enam tahun yang lalu.

PSSI bekerja sama dengan EY dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) telah dilakukan pada 21 April 2023.

Pada tahap pertama ini kedua pihak sepakat melakukan penelahaan atas rencana pelaksanaan audit forensik atau investigasi terbaik pencatatan keuangan PSSI.

“Proses awal audit masih terus berjalan berdasarkan MoU penjajakan antara PSSI dengan Ernst & Young,” ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, dalam keterangannya pada Selasa (9/5).

“Informasi awal yang bisa saya berikan, dari internal review PSSI, ada tiga periode yang akan diaudit. Periode 2017-2019, 2019-2023, dan kepengurusan pak Erick Thohir, Ketum PSSI yang baru tiga bulan,” ujar Arya Sinulingga.

Proses awal audit keuangan PSSI telah dilakukan dengan memeriksa pembukuan tiga rentang waktu.

1) Periode 2017-2019, PSSI tidak menemukan pembukuan keuangan pada 2017-2019. Induk sepak bola Indonesia itu pun sampai memakai tenaga Teknologi Informasi (IT) untuk melakukan penelusuran yang mendalam.

Periode 2017-2019 yang dimaksud ialah ketika PSSI masih dipimin Edy Rahmayadi, Joko Driyono, dan Iwan Budianto. Periode 2019-2023 adalah saat dikepalai Mochamad Iriawan.

“Dari internal review kami, pada periode 2017-2019, pembukuannya tidak tercatat sama sekali sehingga PSSI harus menggunakan jasa IT,” lanjut Arya.

“Gunanya, untuk mendapatkan data-data dari email bagian keuangan pada periode tersebut. Ada beberapa data fisik, namun tidak jelas. Misalnya, pengeluaran cek, namun tidak ada perinciannya,” sambung Arya.

2) Periode 2019-2023, sudah mulai tertata dan ada perbaikan, dalam urusan transaksional dan prosedur pengeluaran dana. Namun, akuntansi yang digunakan masih manual, dan tidak menggunakan sistem akuntansi apapun.

3) Pada tahun 2023, di periode kepengurusan Erick Thohir, PSSI akan menggunakan sistem akuntansi yang benar dan valid, sesuai hasil masukan dari firma audit E&Y.

“Pada 2023, dalam periode kepengurusan baru PSSI oleh pak Erick Thohir, kami akan menggunakan sistem akuntansi yang benar dan valid sesuai hasil masukan dari Ernts & Young,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments