Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeHealthKemenkes Gratiskan Skrining 14 Jenis Penyakit di Puskesmas

Kemenkes Gratiskan Skrining 14 Jenis Penyakit di Puskesmas

INAKINI.COM – Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) menjamin pembiayaan gratis untuk skrining 14 jenis penyakit di Puskesmas.

Adapun pembiayaan itu masuk dalam skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril mengatakan upaya pencegahan atau promotif preventif ini merupakan strategi yang lebih penting dan mudah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Upaya pencegahan ini dilakukan dengan kesadaran dan konsistensi masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Upaya pencegahan itu dilakukan dengan kesadaran dan konsistensi masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Upaya pencegahan jauh lebih efektif menjaga kesehatan daripada mengobati saat jatuh sakit. Kemungkinan tubuh tetap sehat lebih tinggi dilakukan dengan pencegahan daripada diobati, ” ujar dr. Syahril di Jakarta pada Rabu (12/4).

Kemenkes memfasilitasi masyarakat untuk melakukan pencegahan terjadinya penyakit melalui skrining kesehatan.

Pembiayaan gratis untuk 14 jenis penyakit, antara lain skrining diabetes melitus, hipertensi, stroke, jantung, kanker serviks, kanker payudara, Tuberkulosis (TBC), anemia, kanker paru, kanker usus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), thalassemia, hipotiroid kongenital, dan skrining hepatitis.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments