Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeBUMNBangun IKN Nusantara, 6 BUMN Karya Bentuk Perusahaan Baru

Bangun IKN Nusantara, 6 BUMN Karya Bentuk Perusahaan Baru

INAKINI.COM – PT Hutama Karya (Persero) bersama lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya, mendorong pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur melalui pembentukan perusahaan baru, yaitu PT Karya Logistik Nusantara (PT KLN) yang dirilis pada 10 Februari 2023 lalu.

“Hadirnya PT KLN diharapkan terselenggaranya proyek pembangunan IKN dengan memberikan jaminan supply dan mutu produk material konstruksi,” kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, dalam keterangannya di Jakarta pada Senin (27/3).

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya mengatakan, perusahaan patungan ini dibentuk untuk mendukung pembangunan dalam penyediaan bahan dasar konstruksi.

“PT KLN fokus pada bidang bisnis beton pracetak dan perdagangan material konstruksi,” imbuh Tjahjo.

Menurut EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya. pembangunan secara massif di Kawasan IKN belakangan ini meningkatkan kebutuhan material konstruksi yang sangat besar, khususnya beton.

Peluang ini dimanfaatkan oleh enam BUMN Karya, dengan menginisiasi pembentukan perusahaan khusus penyedia material konstruksi yang fokus pada proses pembangunan IKN.

“Dengan kantor operasi berkedudukan di Balikpapan, PT KLN saat ini sudah mulai beroperasi dan sesegera mungkin memasok kebutuhan beton pada proyek-proyek di IKN,” tutur dia.

Enam BUMN Karya yang bersinergi tersebut antara lain Hutama Karya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero).

PT KLN dipastikan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU- 0011167.AH.01.01 tahun 2023.

“Adapun modal dasar usaha patungan tercatat mencapai Rp 340 miliar serta modal yang telah ditempatkan dan disetor sebesar Rp 85 miliar,” pungkas Tjahjo.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments