Wednesday, April 24, 2024
spot_img
HomeASEAN10 Perusahaan Malaysia Minat Investasi di IKN

10 Perusahaan Malaysia Minat Investasi di IKN

INAKINI.COM – Sebanyak 11 Perusahaan asal negara Malaysia telah menandatangani surat ketertarikan atau letter of intent (LoI) untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Indonesia. LoI tersebut diserahkan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional Malaysia Teungku Zafrul bin Tengku Abdul Aziz kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Berdasarkan data Otorita IKN, 11 perusahaan yang berkomitmen investasi di IKN, antara lain:

  1. Tenaga Nasional Berhad
  2. Boustead Properties Berhad
  3. Pharmaniaga Berhad
  4. Berjaya Corporation Berhad
  5. Carsome
  6. Protasco Berhad (HCM engineering)
  7. Protasco Berhad (i2 Energy)
  8. Reneuco Berhad
  9. Olympic Cable Company (OSK Group)
  10. Success Electronics & Transformer Manufacturer Sdn. Bhd (SETM)
  11. Alliance MEP (Sarawak) Sdn. Bhd.

Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan pihaknya masih menyusun data terkait dengan minat investasi dari perusahaan-perusahaan Malaysia tersebut.

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menyaksikan serah terima 11 LoI investor Malaysia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (09/01/2023), di Istana Kepresidenan Bogor.

Letter of intent (LoI) tersebut diserahkan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Internasional Malaysia Tengku Zafrul bin Tengku Abdul Aziz kepada Kepala Otorita IKN Bambang Suswantono.

“Saya menyambut baik minat para investor Malaysia dalam pembangunan ibu kota negara baru, Nusantara. Sebelas letter of intent (LoI) telah ditandatangani oleh sektor swasta Malaysia dan diserahkan kepada Otoritas IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Anwar Ibrahim berharap proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur agar turut memberikan manfaat bagi negaranya.

Dia mengaku perusahaan dan pemerintah di Serawak dan Sabah turut memuji inisiatif IKN Nusantara.

“Mengawali bahasan dengan sikap terbuka kami dan juga pihak swasta yaitu IKN nusantara dan dengan prakarsa MITI (Ministry of International Trade and Industry) di Malaysia, kami akui sebagai proyek positif dan agresif karena ada juga kepentingan Malaysia khususnya di Sabah dan Serawak. Khususnya, kedekatannya dan kepentingan ekonomi regional yang signifikan,” ujar Anwar Ibrahim.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments